Cara melatih mental lovebird paud

Pamor lovebird dalam lomba burung kicauan di Indonesia kini bisa disamaratakan dengan murai batu. Bahkan kelas yang menampung lovebird muda / paud pun selalu penuh oleh peserta yang ingin melihat penampilan burung rawatannya. Sebagai panduan, simak cara melatih mental lovebird paud berikut ini.

Lovebird yang berumur di bawah 5 bulan (balibu/paud) umumnya belum punya pengalaman yang cukup untuk dilombakan. Namun, kelas-kelas lovebird paud di berbagai daerah justru makin diminati.

Selain untuk melatih kesiapan lovebird muda di ajang-ajang lomba burung, kelas ini juga dianggap bisa menjadi “kawah candradimuka” yang dapat mengasah mental lovebird paud setelah dewasa.

Melombakan burung yang masih muda sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena dapat menghambat perkembangannya. Lovebird paud cenderung memiliki birahi yang belum stabil, sehingga rentan stres. Selain itu, burung muda pun belum memiliki kesiapan mental yang baik.

Banyak kicaumania tertarik melombakan lovebird paud miliknya, karena ingin bisa melihat sejauh mana potensi yang dimiliki oleh burung tersebut. Namun sebelum melakukannya, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberapa cara perawatan berikut ini, terutama untuk melatih mental lovebird paud agar selalu siap lomba.

Cara melatih mental lovebird paud

Untuk lovebird yang baru dipelihara, selama 1-2 minggu pertama sebaiknya ditempatkan dalam kandang kotak atau baterai. Gunakan dua buah tenggeran yang diletakkan secara berjauhan, begitu pula dengan cepuk pakan dan minum disimpan terpisah, berdampingan dengan masing-masing tenggerannya.

BACA JUGA  Tips dan rahasia membuat lovebird konslet

Setelah burung dipindahkan ke sangkar hariannya pun penggunaan kandang kotak masih bisa dilanjutkan, meski hanya dilakukan setiap 1-2 kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk melatih dan membiasakan burung dengan kandang umbaran.

Lovebird dimandikan secara rutin, karena mandi yang rutin dapat membantu lovebird paud dalam mennjaga kekuatan nafas dan suaranya.

Secara teratur menjemur burung di bawah sinar matahari. Penjemuran yang rutin dilakukan, dapat memancing burung untuk lebih rajin berbunyi.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Melatih mental lovebird paud dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari menggantang sangkarnya di lingkungan yang berisik, seperti di dekat mesin atau peralatan elektronik yang mengeluarkan suara bising, atau bisa juga digantang di dekat burung kicauan lain yang gacor dan bersuara lantang.

Menyediakan pakan tambahan yang dibutuhkan, seperti jagung muda manis, kangkung, serta beberapa butir biji kuaci yang telah dikupas kulitnya.

Memberikan pakan biji-bijian yang berkualitas. Walaupun di pasaran banyak ditawarkan beragam jenis pakan biji-bijian untuk burung lovebird, namun penggunaan pakan yang tepat dapat membantu meningkatkan mental dan staminanya.

BACA JUGA  Tips memilih burung bakalan

Untuk hasil terbaik, gunakan pakan seperti Milet Volume+ yang dapat mendongkrak stamina dan mental burung, juga membantu menjaga daya tahan tubuhnya sehingga tidak gampang sakit dan selalu rajin berbunyi.

Milet Volume+ diracik dan diolah secara profesional sehingga sangat direkomendasikan untuk diberikan pada lovebird muda. Selain dapat membantu pertumbuhkembangannya, juga bisa menjadikan burung bertambah aktif dan rajin bersuara ngekek.

Manfaat Milet Volume+ ternyata tidak hanya untuk burung jenis lovebird saja, beberapa jenis kicauan lain seperti parkit dan serindit pun dapat juga diberikan pakan ini, khususnya untuk menjadikannya tambah gacor sebagai burung masteran.

Dapatkan Milet Volume+ melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga melalui pemesanan via WA di nomor: 087738873034.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak terlalu sering menggantang lovebird muda / paud dengan burung sejenis. Selain untuk melatih sifat tarungnya, juga untuk mencegah agar loebird paud tersebut tidak jadi burung yang latah.

Demikian cara melatih mental lovebird paud agar rajin bunyi dan siap lomba.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here