atasi lovebird gesek tangkringan

Cara ampuh mengatasi lovebird gesek tangkringan / gestang

Perilaku burung lovebird yang suka gesek tangkringan dapat membuat risih kicaumania yang merawatnya. Selain akan mengurangi penampilannya, tak jarang hal ini akan dilakukan burung tanpa kenal waktu. Untuk mengurangi kebiasaan buruknya tersebut, berikut cara ampuh mengatasi lovebird gesek tangkringan /gestang.

atasi lovebird gesek tangkringan

 

 

Sebagian besar perilaku lovebird yang gemar “mengawini” tangkringan dipicau oleh birahi yang berlebihan. Hal ini terutama disebabkan oleh pola rawatan yang kurang tepat, misalnya lovebird yang selalu diberikan setingan pakan / EF terlalu tinggi hanya agar cepat gacor tanpa melihat karakter burung.

Tak mudah menghentikan kebiasaan buruknya itu, karena tak jarang burung tersebut akan tetap melanjutkan kebiasannya meski sudah diberikan pasangan. Namun jika hal ini tidak segera diatasi, tentu akan mengurangi penampilannya baik sebagai burung masteran maupun lomba.

Perawatan yang tepat dan teratur harus dilakukan untuk mengurangi kebiasaan lovebird yang nyeleneh tersebut. Sebagai panduannya, berikut beberapa cara mengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan.

Perawatan mandi dan semprot

Perawatan mandi dan semprot dapat dilakukan untuk mengurangi kebiasaan lovebird mengawini tangkringan. Mandi diberikan dengan lebih rutin dan dilakukan sampai kondisi burung benar-benar basah kuyup.

Sedangkan penyemprotan dilakukan ketika lovebird mulai terlihat bersiap mengawini tangkringannya. Segera semprotkan air pada tubuh bagian bawah dari burung tersebut untuk mengurangi keinginannya menggesek tangkringan.

Baca:   Empat cara mencetak lovebird konslet untuk pemula

Mencabut tangkringan 

Selama masa terapi pemulihan, lovebird ditempatkan dalam sebuah kandang kotak / soliter yang tidak dilengkapi dengan tangkringan. Cepuk pakan dan minum diletakkan di dasar sangkarnya, begitu pun dengan pakan tambahannya yang lain.

Sehari-harinya, burung lovebird tersebut dibiarkan beraktivitas di dasar sangkar dan tanpa bertengger. Hal ini bertujuan untuk meredam keinginannya menggesek tangkringan.

Memberinya pasangan 

Opsi alternatif yang bisa dicoba adalah memberinya pasangan sewaktu burung berada di dalam sangkar yang tidak dilengkapi tenggeran. Hal ini ditujukan agar lovebird bisa mengawini pasangannya, dan melupakan kebiasaannya mengawini tenggeran.

Kurangi jemur dan pakan tambahan 

Mengurangi kebiasaan lovebird gesek tangkringan bisa dilakukan dengan mengurangi penjemurannya. Jika selama ini burung selalu dijemur selama 2-3 jam, maka selama terapi pemulihannya, penjemuran cukup dilakukan seperlunya saja.

Selain itu, hentikan untuk sementara waktu pemberian pakan tambahan yang dapat meningkatkan birahinya.  Beberapa jenis pakan tambahan yang distop pemberiannya antara lain telur rebus, jagung, kangkung, tauge, dan kuaci / biji bunga matahari.

Memberikan pakan yang tepat 

Memberikan pakan yang sesuai dan tepat akan membantu mengurangi kebiasaan lovebird gesek tangkringan. Selama masa pemulihan, pakan yang diberikan cukup milet saja dan tidak diberikan pakan tambahan lain yang bisa memancing birahi.

Baca:   Cara memandikan lovebird yang benar

Pakan yang direkomendasikan untuk mengatasi lovebird gesek tangkringan adalah Milet Cinderella. Milet Cinderella dapat membuat birahi lovebird stabil, sehingga dapat meredam keinginan burung untuk mengawini tangkringan.

Selain untuk mengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan, Milet Cinderella juga memiliki manfaat lain yang baik diberikan pada lovebird lomba maupun paud. Beberapa manfaat Milet Cinderella antara lain:

  • Dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari.
  • Melancarkan metabolisme
  • Menjadikan burung lebih sehat dan selalu aktif
  • Membuat lovebird semakin rajin ngekek
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Milet Cinderela kini hadir dalam kemasan baru, dan bisa Anda dapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan via Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034.

Demikian cara mengatasi lovebird gesek tangkringan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Ropel adalah suara kicauan burung yang panjang, bergulung dengan irama yang tanpa jeda. Kualitas suara seperti ini sangat didambakan oleh para pemilik burung cucak rawa. Biasanya, cucak rawa ropel bisa didapatkan melalui pemasteran yang dilakukan sejak burung masih berumur anakan. Berikut cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel. Tips mencetak kenari isian yang berkualitasAneka […]
Read more

Rawatan burung Cucak Hijau

Walaupun memiliki nama Cucak Hijau, ternyata burung ini bukanlan termasuk kedalam jenis burung cucak – cucakan atau merbah dan juga tidak satu keluarga dengan Cucak Rawa ataupun juga Cucak Jawa. Cucak hijau yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini adalah sejenis burung cica-daun besar yang warna pada tubuhnya didominasi dengan warna hijau. Burung Cucak Hijau […]
Read more
settingan lovebird merem melek

Settingan lovebird fighter ke merem melek

Gaya ngekek lovebird bisa bervariasi, itu pula yang menjadikan banyak penggemarnya berusaha dengan berbagai cara untuk membuat gaya ngekek lovebird jadi lebih unik. Salah satunya adalah ngekek merem melek. Berikut settingan lovebird fighter ke merem melek. Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorCara memandikan lovebird yang benarTips settingan lovebird untulan agar jeda rapatSettingan konslet untuk […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?