Cara mengobati suara serak pada lovebird

Manfaat Daun Mengkudu buat Lovebird
Manfaat daun mengkudu buat lovebird memang sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, saat ini banyak maniak lovebird menggunakan atau menyajikan daun pace atau Noni -istilah lain daun mengkudu- sebagai tambahan makanan tambahan untuk burung lovebird. Tujuannya tentu saja agar si Lovebird agar lebih rajin berkicau dan meningkatkan volume kicauan suara, kualitas kicauan atau stamina burung.
Kandungan hara yang terkandung dalam daun noni diyakini dapat meningkatkan stamina burung, membersihkan dan mengeraskan suara, mengobati infeksi pada burung, meningkatkan produktivitas telur, dan mensehatkan pencernaan. Hebatnya lagi si daun noni ini tidak memberikan efek samping bagi lovebird yang sering diberi daun mengkudu itu.
Dalam review ini saya akan menjelaskan manfaat daun mengkudu untuk lovebird secara lebih rinci.
Manfaat Daun Mengkudu buat Lovebird
Meningkatkan stamina lovebird
Zat terpenoid yang terkandung dalam daun mengkudu sangat baik untuk meningkatkan stamina lovebird. Ilmu ini sebenarnya sudah diturunkan oleh orang tua dulu yang menggunakan daun mengkudu untuk meningkatkan stamina unggas. Jadi sebetulnya daun ini nggak cuman bermanfaat buat burung lovebird saja melainkan bermanfaat buat seluruh varian burung unggas seperti ayam, bebek, dan berbagai burung kicauan lainnya.
Meningkatkan volume suara lovebird
Pemberian daun noni pada lovebird secara teratur dapat mengobati serak pada lovebird, meningkatkan kualitas dan volume suara, dan membuat lovebird menjadi rajin berkicau dan ngekek panjang. Ini sudah cukup menjadi alasan paling mendasar bagi maniak lovebird untuk selalu memberi daun mengkudu pada kekasih tercintanya.
Mengobati infeksi
Selain buat stamina, manfaat lain dari daun noni adalah mengobati beberapa infeksi pada tubuh burung. Karena di dalam daun mengkudu terdapat zat terponoid yang berguna untuk mengembalikan stamina pada burung setelah lomba. Biasanya kalau setelah kontes diberi ramuan mengkudu maka stamina akan cepat pulih seperti semula.
Melancarkan pencernaan
Manfaat daun mengkudu juga dirasakan tidak hanya untuk burung lovebird, tapi untuk hampir semua jenis burung. Daun mengkudu diyakini bisa membantu melancarkan pencernaan hewan unggas.
Sebagai obat anti alergi
Tak hanya manusia yang bisa terkena alergi, burung lovebird juga bisa menjadi alergi. Daun noni buat lovebird sangat baik untuk mencegah sekaligus mengobati sejumlah alergi.
Manfaat daun noni lainnya untuk lovebird meliputi:
– membuat burung berkicau cepat dan gacor
– mengatasi suara yang ngeriwik agar cepat ngeplong
– membuat burung lebih rajin berkicau dan bersuara lebih nyaring
– membantu meningkatkan kesuburan indukan
– membuat telur burung lebih besar
– meningkatkan daya tetas telur
– mempercepat umur dewasa kelamin burung
– mengobati sakit tenggorokan
– mengurangi stres
– memberi rasa tenang dan nyaman pada burung
– mengatasi burung yang gemukan atau obesitas
Cara pemberian/memberi makan daun pace/mengkudu buat lovebird
Digantung di dinding sangkar
Daun mengkudu dapat diberikan ke burung lovebird layaknya daun sawi. Bagaimana caranya ? Ambillah satu lembar pucuk daun mengkudu yang masih kelihatan agak muda, lalu bersihkanlah daun tersebut menggunakan air, lalu gantung di dinding sangkar. Anda bisa memberikan daun mengkudu untuk terapi kesehatan burung. Jadi, berikan 2-3 kali selama satu minggu, jangan setiap hari. Cara ini cocok untuk burung Kenari dan Lovebird.
Ditumbuk
Pemberian daun mengkudu dengan cara ditumbuk cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan tiga lembar daun mengkudu muda (warna hijau kekuningan). Setelah itu, tumbuk daun tadi sampai halus. Lalu, tuangkan air mineral sambil diperas. Nah, perasan air daun mengkudu tersebut diberikan ke burung kicau. Cara ini cocok untuk semua jenis burung, seperti Lovebird, Kenari, Kacer, Murai Batu, Pleci, Cendet, dan Cucak Ijo.
Direbus
Daun mengkudu juga dapat direbus. Cara pembuatannya, siapkan dahulu 3 lembar daun mengkudu yang terlihat agak muda. Kemudian tambahkan 2 gelas air dan rebus sampai airnya tersisa setengah gelas atau segelas. Sesudah itu dinginkan sebentar namun tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Kalau sudah dingin berikan ke burung kicau sebagai minuman. Cara ini cocok untuk semua jenis burung, seperti Lovebird, Kenari, Kacer, Murai Batu, Pleci, Cendet, dan Cucak Ijo.

BACA JUGA  Cara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alami
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Gabung yuk dengan kami di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here