Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi (Kosong), Apa Solusinya?

Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi – Sering kali breeder lovebird mengalami masalah pada burung kesayangannya, lovebird kawin dan bertelur namun telur yang dihasilkan tidak isi alias zonk!.

Tentu hal ini menjadi kerugian bagi para peternak karena seharusnya lovebird yang ditangkarkan bisa berproduksi dan menghasilkan pemasukan, tapi justru breeder harus menunggu siklus kawin berikutnya untuk mendapatkan telur yang baik.

Sobat se Nusantara bisa cek seperti apa telur yang isi dan telur yang kosong dengan menggunakan center. Anda bisa lihat perbedaannya pada gambar dibawah.

Lantas apa kendala hingga lovebird memproduksi telur yang kosong dan seperti apa solusi agar telur-telur lovebird tersebut isi? jangan kemana-mana dulu, simak solusinya dibawah ini.

Solusi Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi

Solusi Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi
Source: Omkicau.com
Biasanya peternak lovebird mengeluhkan sering sekali terlur lovebird sering kali kosong dan setelah kita menunggu selama 23 hari tapi telur tak kunjung menetas.

Kenapa telur lovebird kosong dan apa saja faktor penyebabnya?

Induk betina kekurangan nutrisi.
Ketika proses perkawinan terjadi bisa saja induk kekurangan nutrisi tambahan, seperti lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Hal ini yang membuat embrio telur mengalami kerusakan.

BACA JUGA  Tips dan cara memilih untulan lovebird
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Pasangan mandul (infertil)
Lovebird memiliki garis keturunan atau genetik mandul, ini bisa saja terjadi pada lovebird milik Anda. Bukan tidak mungkin lovebird walaupun kawin berulang kali tidak akan menghasilkan telur yang berembrio.

Lovebird sama jenis
Kita tentu tahu perkawinan terjadi antara jantan dan betina bila posisi kawin jantan ada diatas dan betina ada dibawah. Proses perkawinan terjadi 1 menit bahkan lebih, bila keduanya melakukan perkawinan bergantian bisa dipastikan pasang lovebird tersebut sesama jenis.

Apa solusi agar telur lovebird isi?

Harus beda jenis
Tentu saja bila ingin memproduksi telur lovebird harus berbeda jenis, jantan dan betina. Kesehatan dan faktor genetik menjadi kunci utama keberhasilan telur yang berembrio.

Jaga kualitas pakan dan vitamin
Sobat kicau bisa memberikan extra fooding bernutrisi serta vitamin penunjang bagi kesuburan breeding lovebird kita. Berikan vitamin A dan vitamin E yang merupakan pendukung kesuburan penangkaran lovebird.

BACA JUGA  Cara mengatasi lovebird snot

Kandang bersih
Sepele namun bisa membuat lovebird sehat, kandang yang selalu bersih akan membuat produksi telur semakin baik. Virus dan bakteri tidak akan datang karena kandan selalu bersih dan tentu saja lovebird akan nyaman menghasilkan telur tanpa adanya gangguan.

Lovebird Nusantara ingin berbagi pengalaman bersama sobat kicau mania di selurun Nusantara. Silakan memberikan informasi tambahan terkain permasalahan telur lovebir yang kosong.

Besar harapan kami selalu menjalin persaudaraan antara sobat kicau khususnya lovebird agar selalu memberikan solusi dalam permasalahan burung lovebird.

Informasi lengkap seputar cara ternak lovebird untuk pemula bisa sobat baca disini!

Jangan lupa untuk selalu berbagi bersama komunitas lovebird se Nusantara dengan share artikel ini di Facebook. Salam ngkek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here