Lovebird Tidak Mau Kawin, ini Ciri-ciri dan Solusinya!

Lovebird Tidak Mau Kawin – Sering kali kita jumpai permasalahan lovebird yang tidak mau kawin dengan pasangannya, hal ini akan sedikit membuat jengkel lantaran produksi ternak harus terus berjalan.

Untuk pasangan lovebird muda, hal ini sudah lumrah kita jumpai, namun bila pasangan lovebird tersebut sudah pernah melakukan perkawainan dan sering bereproduksi hal ini menjadi suatu kejanggalan.

Kali ini Lovebird Nusantara akan memberikan solusi permasalahan lovebird yang tidak mau kawin dan seperti apa ciri-ciri lovebird agar mau kawin? simak semua informasinya dibawah ini.

Solusi Lovebird Tidak Mau Kawin

 

Lovebird Tidak Mau Kawin

 

Apa penyebab lovebird tidak mau kawin?

Untuk pasangan muda biasanya salah satu lovebird belum birahi lantaran faktor umur yang belum cukup diantara jantan dan betina.
Lovebird mungkin terlihat berjodoh, bisa kita ketahui tidak ada tingkah laku agresif yang dilakukan oleh pasangan lovebird, terlihat akur namun tidak mau melakukan perkawinan, faktor ini bisa kita simpulkan lovebird tersebut tidak berjodoh.
Lovebird terlihat akur dan selalu berdampingan tapi kenapa tidak melakukan perkawinan, padahal keduanya saling meloloh?. Untuk faktor ini biasanya lovebird bisa jadi sesama jenis karena walaupun sesama jenis, tingkah laku lovebird cenderung mirip seperti jantan dan betina.

Bagaimana cara mengatasi lovebird agar mau kawin?

Gabung yuk dengan kami di Instagram
Tidak bisa kita pungkiri usia dewasa yaitu 8-9 bulan adalah usia yang baik untuk calon pejantan dan betina memasuki masa kawin. Apabila usai belum mapan tentu lovebird tidak mungkin kawin sebab belum birahi.
Yang terpenting sobat kicau yakin kalau kedua lovebird tersebut berkelamin jantan dan betina.
Lalu bagaimana cara mengatasi lovebird tidak mau kawin saat usia lovebird mapan?, berikut caranya:
  1. Berikan pakan bergizi seperti campuran biji-bijian yang bisa kita beli di toko burung, seperti kuaci, canary seed, gambah merah dll.
  2. Berikan pula extra fooding tambahan seperti, jagung, kangung, apel 2-3 kali dalam seminggu.
  3. Saat penjodohan berikan vitamin perangsang birahi kepada pejantan dan betina agar cepat kawin. Perangsang tersebut khususnya mineral untuk pembentukan telur dan suplemen vitamin untuk mengangkat dan menstabilkan birahi. Untuk mineral banyak kawan yang merekomendasikan BirdMineral (BMN) serbuk produk Om Kicau dan untuk kesuburan lovebird menggunakan BirdMature (BMR). (Lihat juga artikel Panduan Ternak Lovebird)
  4. Usahakan saat penjodohan pertama kali berlangsung, jangan memasukan glodok dulu.
  5. Masukan glodok jika lovebird sudah terlihat melakukan perkawinan.
  6. Bersihkan kandang secara rutin setiap hari agar lovebird nyaman
  7. Air bersih untuk minum harus diganti setiap hari.

Dan seperti apa ciri-ciri lovebird siap kawin?, simak dibawah ini

  1. Pertama kedua pasangan adalah jantan dan betina
  2. Ciri-ciri yang bisa kita lihat adalah lovebird akan berdampingan dan saling meloloh.
  3. Bila kedua pasangan terlihat sudah dekat, coba pisahkan keduanya untuk beberapa saat lalu pantau tingkah lakunya, bila saling kicau dan menabrak ruji kandang berarti mereka saling suka.
  4. Bila jantan terlihat siap, maka Anda akan melihat sang jantan meloloh betinya dan betina meminta disuapi seperti pasangan yang dimabuk asmara.
  5. Selang beberapa hari lovebird akan kawin, perkawinan berlangsung 1 menit bahkan lebih.
  6. Lovebird betina akan membuka sayap layaknya pesawat terbang dan jantan akan membuahi betina dengan proses perkawinan.
Sobat kicau harus bisa membaca situasi dimana lovebird tidak mau kawin, dengan insting yang kita miliki pasti kita bisa merasakan bahwa lovebird yang kita miliki merasa tidak nyaman, tidak jodoh, maupun terjadi gangguan lain.
Maka dari itu bila Anda adalah seorang yang baru saja belajar berternak lovebird, harus bisa membaca kondisi burung kita sendiri.

Jangan lupa membaca ulasan lengkap cara ternak lovebird paling lengkap klik disini!

Silakan bertanya tentang permasalahan yang Anda miliki bersama sobat kicau mania diseluruh nusantara. Tinggalkan komentar dibawah ini mudah-mudahan Lovebird Nusantara bisa memberi solusi bagi permasalahan Anda.
BACA JUGA  Lovebird cinderella tetap juara padahal bertelur

13 KOMENTAR

  1. Bisa jadi lovebird Anda sama jenisnya,,, coba carikan indukan lovebird lainnya.. ketika akan dijodohkan disuahakan jangan langsung dimasukan, taruh dikandang terpisah tetapi tetap bias melihat, kalo sudah 2-3 hari baru jadikan satu

  2. Lb sy sudah saling suap,sudah susun sarang dglodok..bahkan yg jantan sudah birahi..tpi tidak juga kawin..saat malam tidur diluar glodog smua..solusinya gimana

  3. Kenapa lovebird saya yang jantan gak mau mengawini yang betinanya padahal yang betina udah membuka sayapnya siap dikawini, malah yang jantan gosek ke tangkringannya. Gimana solusinya

  4. Saya mau tanya seperti yang di ulas pada materi di atas…. Lovebird saya yang jantan sudah gestang tapi yang betina seperti belum siap padahal sudah saling loloh dan keluar masuk glodok bareng….bagaimana solusinya biar Lovebird betina siap untuk kawin?

  5. Lb saya sudah angkut bbuat bikin sarang
    Tapi blom trlihat kawin
    Sekalipun terlihat betinanya buka sayap yg jantannya tidk mau naik
    Skarangpun kduanya suka d dalam glodok
    Apakah lb saya sudah kawin d luar pantawan saya
    Mohon solusinya

  6. Lb saya sudah angkut bbuat bikin sarang
    Tapi blom trlihat kawin
    Sekalipun terlihat betinanya buka sayap yg jantannya tidk mau naik
    Skarangpun kduanya suka d dalam glodok
    Apakah lb saya sudah kawin d luar pantawan saya
    Mohon solusinya

  7. sya mau tnya om, lb sya udah buat srang,tidur udah di glodok, tpi knpa ya skarang mlah gak masuk glodok lagi,mlah pejntan nya gk semangat tidur mulu,, mlahan tidur nya juga beti di atas jntan di bwah,, kya gk akur,, gmna gan solusi nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here