Dimana Tempat yang Cocok untuk Ternak Lovebird? Ini Infonya!

Tempat yang cocok untuk ternak lovebird – Lovebird adalah burung yang mudah sekali beradaptasi disegala tempat, mau diluar ruangan, di dalam ruangan atau di kamar, dimanapun lovebird sangat cepat menyesuaikan diri dalam segala situasi.

Lovebird Nusantara kali ini akan membahas tentang tempat yang cocok untuk ternak lovebird, mungkin saja sobat kicau masih bingung memilih tempat terbaik bagi burung ternaknya. Kami akan membahas ternak lovebird di dalam rumah dan ternak lovebird di luar ruangan, manakah tempat yang cocok? langsung saja kita simak ulasan singkatnya dibawah ini

2 Pilihan Tempat yang Cocok untuk Ternak Lovebird

Apa kelebihan masing-masing tempat penangkaran lovebird di dalam dan di luar rungan?

Ternak lovebird di dalam rumah

Tempat paling aman untuk ternak lovebird agar tidak diganggu oleh hewan maupun lalu lalang orang adalah didalam ruangan. Bisa juga sobat kicau memanfaatkan kamar kosong yang tidak terpakai.

Ruangan tersebut haruslah memadai seperti adanya sirkulasi udara masuk dan keluar serta pencahayaan melalui atap kamar agar sinar matahari dapat masuk saat pagi hingga sore hari.

Anda bebas menempatkan kandang lovebird sesuai bentuk ruangan, kandang model battery maupun kandang koloni sama saja.

BACA JUGA  Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Seperti contoh berikut ini, kandang kotak dibuat bersusun dengan diberi jarak antara kandang satu dan lainnya sehingga tidak kelihatan sempit. Tiap kandang diberi sekat agar tidak terlihat oleh pasangan lovebird lain.

Hal ini bertujuan agar sobat kicau juga mudah untuk membersihkan kandang ternak lovebird. Lihat gambar tempat yang cocok untuk ternak lovebird di dalam rumah berikut:

Ternak lovebird di dalam rumah
Source: quaizbirdfarm

Beri kasa kusus fentilasi agar serangga pengganggu tidak masuk kedalam ruangan. Berikan lampu ultra violet (UV) sebagai pengganti bila tidak ada atap, hal ini bertujuan agar penyerapan calsium pada tubuh burung terpenuhi oleh adanya sinar matahari atau lampu UV.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Jaga selalu kondisi kebersihan kandang karena akan berdampak baik bagi kesehatan pernafasan karena sirkulasi udara didalam ruangan tidak sebebas di luar.

Ternak lovebird di luar ruangan

Ternak lovebird di luar ruangan bisa menjadi pilihan karena lebih bebas, itupun jika sobat kicau memiliki halaman belakang yang luas, tapi tidak ada salahnya memanfaatkan tempat tersebut untuk penangkaran lovebird.

Bila memilih kandang diluar ruangan berarti sobat kicau menggunakan penangkaran model koloni. Kandang koloni memang membutuhkan tempat luas karena bentuk kandang koloni cukup memakan tempat.

Biaya mahal karena sobat kicau harus membuat sebuah kandang sekaligus atap agar terhindar dari hujan langsung. Silakan hitung sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuatnya.

BACA JUGA  Minyak Ikan Untuk Lovebird, Apa Sih Manfaatnya?

Ukuran kandang bervariasi tergantung seberapa banyak pasang lovebird yang akan kita ternak. bila hanya 4 pasang lovebird, sobat kicau dapat membuat kandang koloni sebesar 2×3 meter persegi saja. Bila banyak, tinggal Anda sesuaikan saja. Seperti apa tempat yang cocok untuk ternak lovebird diluar ruangan? lihat dibawah ini:

Ternak lovebird di luar ruangan
Source: aikolovebird

Kami selalu mengingatkan, selalu menjaga kebersihan kandang maupun ruangan tempat penangkaran lovebird. Burung lovebird akan merasa nyaman dan fokus untuk berkembang biak.

Ingin tahu informasi cara ternak lovebird untuk pemula? simak disini!

Nah tempat yang cocok untuk ternak lovebird diatas menjadi pilihan bagi sobat kicau mania yang ingin mencoba breeding lovebird dirumah. Sesuaikan tempat, ruangan dan dana untuk membuat tempat ternak lovebird, diskusikan semua permasalahan yang sobat kicau mania alami kepada Lovebird Nusantara melalui kolom artikel dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here