Berapa Suhu ideal ternak lovebird? Ini dia Penjelasannya

Suhu ideal ternak lovebird – Lovebird adalah burung tropis yang dihabitatnya hanya ada musim kemarau dan musim hujan saja, di Afrika dan Madgaskar, lovebird hidup berkoloni. Lovebird juga burung yang aslinya memiliki kondisi tubuh yang lebih kuat dari burung jenis lainnya.

Suhu ideal ternak lovebird dalam dunia breeding burung tidak terlalu bermasalah karena lovebird bisa cepat beradaptasi dengan cuaca di Indonesia ini.

Suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin juga tidak baik dalam perkembangbiakan ternak lovebird, ini bisa berdampak pada kualitas telur dan kualitas anakan lovebird kelak.

Lovebird Nusantara akan memberikan informasi tambahan terkait permasalahan suhu ideal bagi ternak lovebird, jadi simak selengkapnya dibawah ini.

Ini Dia Suhu Ideal Ternak Lovebird

Suhu ideal ternak lovebird

Mengingat kebersihan kandang menjadi prioritas utama dalam keberhasilan penangkaran lovebird, tingkat keberhasilan penangkaran ada pada kualitas kandang bersih, suhu kandang yang ideal dan asupan nutrisi dan gizi yang optimal.

Membersihkan kotoran kandang setiap hari membantu lovebird lebih nyaman, sehat dan menghindari penyakit. Bila ruangan penangkaran terlalu panas atau terlalu dingin, virus penyakit dapat berkembang dan lovebird bisa saja sakit.

Berapa suhu ideal kandang ternak lovebird?

Suhu ideal kandang ternak lovebird adalah diantara 25-35 derajat Celcius, itu merupakan suhu ideal dalam perkembangan lovebird dan kelembaban kandang penangkaran akan membuat lovebird lebih nyaman.

BACA JUGA  Mengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjang

Tempatkan termometer suhu ruangan agar sobat kicau mania bisa selalu memantau suhu ideal.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Bagaimana jika ruangan terlalu panas?

Apa yang harus dilakukan bila suhu ruangan terlalu panas?, silakan buat lubang angin atau fentilasi tambahan agar udara bisa masuk. Hal ini agar sirkulasi udara dalam rungan penangkaran lebih bebas dan suhu ruangan bisa stabil.

Jangan lupa diberi kasa agar lovebird terhindar dari gangguan serangga seperti nyamuk.

Lovebird Nusantara juga merekomendasikan agar sobat kicau menggunakan kipas hexos, sangat efisien karena bisa menghilangkan udara lembab karena sistem kipas hexos bisa menghisap sekaligus membuang udara panas.

Bagaimana jika ruangan terlalu dingin?

Sama dengan cara diatas dengan cara membuat fentilasi agar sirkulasi udara bisa bebas masuk.

Anda juga bisa membeli lampu khusus untuk penangkaran segala jenis burung yaitu lampu ultra violet (UVA) yang bisa dibeli ditoko hewan atau bisa dibeli pada toko online.

BACA JUGA  Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi (Kosong), Apa Solusinya?

Lampu ini merupakam persamaan dari sinar matahari yang memang dibutuhkan untuk menjaga kualitas ternak. Tidak menghasilkan panas namun membantu lovebird dalam memproses penyerapan calcium dan vitamin pada burung lovebird.

Kami berharap penjelasan tentang Suhu ideal ternak lovebird diatas dapat memberikan solusi tepat bagi breeder pemula yang baru saja memulai penangkaran lovebird agar selalu peka terhadap perkembangan ternak lovebirdnya.

Eeiits… jangan kemana-mana dulu, yuk lanjut membaca cara ternak lovebird untuk pemula terlengkap, baca disini!

Lovebird Nusantara ingatkan kepada sobat kicau mania seNusantara agar sama-sama memberikan solusi tentang permasalahan dunia ternak lovebird. Silakan bertanya pada kolom komentar dibawah dan mudah-mudahan kami dapat memberikan jawaban dari permasalahan sobat semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here