Penyebab 2BLovebird 2BTidak 2BBisa 2BBertelur

Apa Penyebab Lovebird Tidak Bisa Bertelur? Ini Solusinya!

Lovebird tidak bisa bertelur – Lovebird tidak bisa bertelur adalah masalah klasik bagi pemula yang baru saja breeding lovebird. Lovebird terlihat kawin namun setelah kita menunggu sekitar 10 hari lamanya sang betina tak kunjung bertelur.

Lovebird Nusantara tidak bisa memprediksi semuanya namun kami akan menyimpulkan dari berbagai informasi dan pengalaman yang ada. Hal yang sering ditanyakan oleh penangkar lovebird pemula biasanya mengeluh tentang lovebird betinanya yang tidak bertelur.

Penyebab dan Solusi Lovebird Tidak Bisa Bertelur

Penyebab Lovebird Tidak Bisa Bertelur

Apa penyebab lovebird tidak bisa bertelur?

Sesama jenis
Beberapa faktor lain gagalnya lovebird memproduksi telur dikarenakan burung lovebird merupakan monomorfik seksual yang artinya jantan dan betina mirip secara bentuk dan posturnya. Jadi walaupun telihat melakukan perkawinan lovebird tidak akan menghasilkan telur.

Usia belum mapan
Usia ideal lovebird siap kawin adalah 7-12 bulan, itupun lovebird sudah memasuki masa birahi. Bila lovebird belum cukup mapan dan sudah birahi hal ini dapat membuat lovebird bertelur namun embrio dalam telur kosong.

Egg binding
Adapula lovebird tidak bisa mengeluarkan telurnya dikarekan telur dalam perut lovebird menempel pada dinding rahim. Egg binding adalah telur lengket dimana burung tidak bisa mengeluarkan telurnya karena postur burung yang kecil.

Masalah ini bisa menjadi serius bila kita tidak segera ditangani, telur lengket yang tidak bisa keluar menyebabkan hipotermia yang menyebabkan kotoran tidak bisa keluar dan akhirnya mengakibatkan kematian burung.

Bila sobat kicau mania memiliki informasi lain penyebab lovebird tidak bisa bertelur segera berkomentar pada kolom kementar dibawah artikel ini, kami akan segera memasukannya kedalam artikel dan akan memberikan kredit dan apresiasi dengan mencantumkan link profil Facebook atau Instagram milik Anda.

solusi lovebird bertelur lebih cepat dan sehat

Lantas solusi apa yang dapat membuat lovebird bertelur lebih cepat dan sehat?

Didekatkan dengan pasangan lain
Coba sobat kicau mania dekatkan kandang lovebird dengan kandang lovebird lainnya tapi jangan terlalu dekat, suara dari pasang lain akan membuat burung agar cepat melakukan perkawinan.

Baca:   Tips memilih lovebird prospek untuk lomba

Jangan memasang gelodok 
Jangan memasang kotak glodok sebelum lovebird terpantau kawin, kenapa demikian? karena jika glodok langsung dipasangkan kedalam kandang maka pasangan lovebird tidak akan fokus kepada perkawinan dan hanya bermain-main saja seperti keluar masuk glodok.

Jika pasangan lovebird sudah kawin barulah masukan kotak glodok secara tepat agar lovebird dapat membuat sarangnya. Jangan lupa pula selalu membersihkan kandang setiap hari agar lovebird nyaman berada disarangnya.

Pakan, extra fooding dan vitamin
Pemberian pakan dan vitamin yang tepat dapat membantu produksi telur cepat, tentu saja harus berimbang.

Kenapa tidak setiap hari memberikan extra fooding dan vitamin?

Pemberian extra fooding dan vitamin secara berlebihan pada burung lovebird berakibat burung akan mengalami obesitas dan akhirnya lovebird tidak bisa bertelur. Obesitas atau kegemukan pada burung akan membuat burung lovebird menjadi malas dan menimbulkan egg binding.

Baca:   Mengatur birahi lovebird sebelum digantang

Berikan pakan dan minum setiap hari, jangan lupa diganti tiap pagi hari supaya kesehatan lovebird terus terjaga, cukup berikan extra fooding dan vitamin 2-3 kali sehari sesuai kondisi burung.

Lampu full spektrum
Lampu full spektrum ultra violet adalah lampu pengganti sinar matahari, dapat menghasilkan cahaya terang yang mendekati spektrum sinar matahari alami lebih dari 95%. Lampu ini sangat ideal untuk lovebird di mana sinar matahari diperlukan ketika ruangan dalam sangkar tidak mencakup sinar matahari langsung. Untuk harganya lumayan mahal antara Rp.250.000,-

Bila ingin lebih jelas mengetahui cara ternak lovebird, sobat bisa membacanya disini!

Demikian ulasan singkat penyebab lovebird tidak bisa bertelur dan solusi untuk membuat lovebird bertelur lebih cepat. Kami tunggu pertanyaan sobat kicau mengenai permasalahan lovebird yang sulit bertelur, Kolom komentar ada dibawah artikel.

Related Articles

cucak hijau birahi

Cara mengatasi cucak hijau yang over birahi

Over birahi adalah kondisi ketika burung menunjukkan perilaku yang tidak biasanya. Jika kondisi ini dialami oleh burung cucak hijau, maka ia akan mudah sekali berperilaku agresif, jarang bunyi, termasuk juga kerap mencabuti bulunya sendiri atau kanibal. Untuk menanganinya, berikut cara mengatasi cucak hijau yang over birahi. Solusi jika cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkanTips […]
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Kalah menang dalam sebuah lomba adalah hal yang biasa. Meski begitu, Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena bisa jadi burung yang anda rawat itu sedang bermasalah. Ini alasan kenapa lovebird Anda sering kalah lomba.  Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetikCara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruhCara menambah dan bongkar durasi lovebirdCara menjadikan lovebird […]
Read more
settingan konslet lovebird untulan

Settingan konslet untuk lovebird untulan

Untulan menjadi bentuk rawatan alternatif untuk menjadikan lovebird rajin ngekek dan makin konslet. Metode ini cukup disukai para penghobi lovebird karena dianggap lebih praktis dan efektif. Untuk panduan perawatannya, berikut adalah settingan konslet untuk lovebird untulan. Tips settingan lovebird untulan agar jeda rapatSettingan lovebird fighter ke konsletTips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan)Cara mengkonsletkan lb […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?