Ragam jenis burung murai batu ekor hitam

Murai batu yang dikenal selama ini adalah burung murai batu biasa seperti murai batu sumatera dan kalimantan. Tetapi selain itu ternyata burung murai batu ekor hitam atau popular dengan sebutan blacktail ternyata memiliki keragaman jenis. 


Ada beberapa macam jenis burung murai batu ekor hitam ini, yang di antaranya banyak menyebar di sekitaran Sumatera.  Berikut beberapa spesies burung murai batu ekor hitam dengan penyebarannya : 
1. Murai batu Nias 
Habitat murai batu nias berada di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. ekorya terbilang cukup panjang yaitu antara 20 – 26 cm. Yang membedakan dengan murai batu ekor hitam lainnya adalah bulu ekor yang secara keseluruhan berwarna hitam tanpa ada warna atau bercak putih (balak). 
2. Murai batu Pagai 
Murai batu pagari berasal dari Kepulauan Mentawai. Burung ini memiliki karakteristik yang sama dengan burung murai batu yang ditemukan di Kep. Nias. Kemungkinan jenis ini adalah burung yang memang berasal dari Nias atau sebaliknya. 
3.Murai batu Sinabang (Simeleu) 
Murai batu sinabang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari murai batu nias, bahkan ekornya pun cenderung lebih pendek. Secara keseluruhan warna ekornya terlihat hitam polos, namun ditemukan juga burung yang memiliki ekor dengan bercak putih (balak) yang tipis.
4. Murai batu Lasia 
Murai batu lasia berasal dari Pulau Lasia di Aceh yang terletak di tenggara Pulau Simeleu. Secara fisik memiliki tubuh seperti halnya murai sinabang, namun dengan ukuran tubuh yang lebih besar. Ekornya pun lebih panjang seperti ekor murai batu nias, tetapi dicirikan dari adanya noktah atau bercak putih yang ada di ujung ekornya (balak).
Murai batu Lampuyang
Murai batu ini berasal dari Pulau Breuh, di Lampuyang, Aveh. Murai batu ini memiliki ekor yang berbeda dari jenis murai batu ekor hitam lainnya, yaitu ekornya berjumlah tiga pasang polos dan tiga pasang lain yang berwarna hitam, terdapat bercak putih yang tebal sepanjang lebih dari 1 cm. Karena berbeda itulah, murai batu ini kerap disebut dengan murai balak enam
Murai batu Sabang 
Murai batu sabang memiliki penampilan dan pola ekor yang mirip dengan murai batu lampuyang tetapi dengan ukuran yang lebih panjang. Spesies burung ini cukup jarang ditemukan, dan kalaupun ada sebainya harus dilakukan upaya penangkaran agar spesies burung murai batu ekor hitam ini tidak cepat mengalami kepunahan. 
Salam Kicau!
Baca:   Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Related Articles

Burung – burung beracun dari Papua

Tanah papua tidak hanya menjadi habitat bagi berbagai burung sorga dan langka, tetapi juga menjadi habitat beberapa burung yang sangat unik seperti burung paruh sabit coklat (Epimachus meyeri) yang pernah menipu pasukan jepang hingga kocar – kacir di masa perang dengan suara kicauannya yang mirip senapan mesin. Di papua ini juga terdapat jenis burung yang sudah tercatat […]
Read more

Daftar Nama burung burung yang ada di indonesia lengkap

Setelah melewati beberapa hari yang melelahkan dalam mencari informasi dan gambar pendukung, akhirnya tuntas juga artikel mengenai daftar nama burung pengicau ( Passeriformes ) yang ada di indonesia lengkap dengan gambar sebagai panduan bagi anda dalam mengenali jenis jenis burung. Untuk mempermudah silahkan klik pada nama burungnya untuk melihat gambarnya. Keterangan urutan: Bhs latin – Indonesia – […]
Read more

Milet manyi ampuh untuk lovebird macet bunyi

Milet MANYI (milet khusus macet bunyi) merupakan trobosan baru buat lovebird mania yang mengalami macet bunyi pada lovebird agar bisa cepat gacor fighter konslet. Selain itu milet manyi ini bisa menambah durasi ngekek pada lovebird .milet ini sangat dipercaya dikalangan lovebird mania karena terbukti ampuh dan aman tanpa efek samping So? Masih bingung perawatan lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by