Ragam jenis burung murai batu ekor hitam

Murai batu yang dikenal selama ini adalah burung murai batu biasa seperti murai batu sumatera dan kalimantan. Tetapi selain itu ternyata burung murai batu ekor hitam atau popular dengan sebutan blacktail ternyata memiliki keragaman jenis. 


Ada beberapa macam jenis burung murai batu ekor hitam ini, yang di antaranya banyak menyebar di sekitaran Sumatera.  Berikut beberapa spesies burung murai batu ekor hitam dengan penyebarannya : 
1. Murai batu Nias 
Habitat murai batu nias berada di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. ekorya terbilang cukup panjang yaitu antara 20 – 26 cm. Yang membedakan dengan murai batu ekor hitam lainnya adalah bulu ekor yang secara keseluruhan berwarna hitam tanpa ada warna atau bercak putih (balak). 
2. Murai batu Pagai 
Murai batu pagari berasal dari Kepulauan Mentawai. Burung ini memiliki karakteristik yang sama dengan burung murai batu yang ditemukan di Kep. Nias. Kemungkinan jenis ini adalah burung yang memang berasal dari Nias atau sebaliknya. 
3.Murai batu Sinabang (Simeleu) 
Murai batu sinabang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari murai batu nias, bahkan ekornya pun cenderung lebih pendek. Secara keseluruhan warna ekornya terlihat hitam polos, namun ditemukan juga burung yang memiliki ekor dengan bercak putih (balak) yang tipis.
4. Murai batu Lasia 
Murai batu lasia berasal dari Pulau Lasia di Aceh yang terletak di tenggara Pulau Simeleu. Secara fisik memiliki tubuh seperti halnya murai sinabang, namun dengan ukuran tubuh yang lebih besar. Ekornya pun lebih panjang seperti ekor murai batu nias, tetapi dicirikan dari adanya noktah atau bercak putih yang ada di ujung ekornya (balak).
Murai batu Lampuyang
Murai batu ini berasal dari Pulau Breuh, di Lampuyang, Aveh. Murai batu ini memiliki ekor yang berbeda dari jenis murai batu ekor hitam lainnya, yaitu ekornya berjumlah tiga pasang polos dan tiga pasang lain yang berwarna hitam, terdapat bercak putih yang tebal sepanjang lebih dari 1 cm. Karena berbeda itulah, murai batu ini kerap disebut dengan murai balak enam
Murai batu Sabang 
Murai batu sabang memiliki penampilan dan pola ekor yang mirip dengan murai batu lampuyang tetapi dengan ukuran yang lebih panjang. Spesies burung ini cukup jarang ditemukan, dan kalaupun ada sebainya harus dilakukan upaya penangkaran agar spesies burung murai batu ekor hitam ini tidak cepat mengalami kepunahan. 
Salam Kicau!

More from my site

Baca:   Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

Related Articles

Tips perawatan perkutut agar gacor dan manggung

Memelihara burung perkutut sudah dilakukan sejak masa kerajaan-kerajaan di Nusantara masih berdiri. Perkutut dianggap sebagai simbol status sosial, termasuk juga sebagai pembawa keberuntungan bagi orang-orang yang mempercayainya. Berikut cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi dan mau manggung. More from my siteTips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lombaSolusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat […]
Read more
lovebird rontok bulu

Lima sebab dan cara atasi lovebird rontok bulu

Rontok bulu pada lovebird bisa disebabkan oleh penyakit yang serius maupun karena psikologis dari burung tersebut. Namun demikian, rontok bulu bisa juga karena sesuatu yang normal, yaitu ketika burung memasuki masa mabungnya. Oleh karena itu, perlu diketahui lima penyebab dan cara mengatasi rontok bulu pada lovebird. More from my siteCara terapi mandi untuk menambah durasi lovebirdBeberapa […]
Read more
cara menjodohkan lovebird

Cara menjodohkan lovebird yang efektif

Ternak lovebird kini makin menguntungkan. Dengan semakin bervariasinya jenis dan warna burung lovebird, banyak kicaumania tertarik untuk menangkarkannya, baik untuk diperlihara sendiri maupun untuk diperjualbelikan. Sebagai panduan, berikut cara menjodohkan lovebird yang efektif.  More from my siteProses perjodohan lovebird untuk untulanTips dan cara memilih untulan lovebirdCara mengatasi lovebird tidak nafsu makan dan lemasCara setting lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?