Pengembunan bisa percepat burung ngeplong

Mengeluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali atau yang lazim disebut dengan pengembunan ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak bagi burung kicauan. Pengembunan bisa membuat burung yang macet bunyi menjadi kembali berbunyi, dan bisa membuat ngeplong beberapa jenis burung yang hanya bersuara ngeriwik saja. 
 

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi pengembunan tidak bisa diberikan pada semua jenis burung kicauan saja, hanya burung jenis-jenis tertentu yang bisa mendapatkan manfaat langsung dari pengembunan itu, selain itu efeknya pun biasanya langsung terlihat pada burung dengan kondisi : 
  • Burung sudah berusia dewasa dan bukan burung remaja yang cenderung melalui beberapa tahapan suara sebelum bisa bersuara ngeplong.
  • Burung  berjenis kelamin jantan.
  • Burung yang dalam kondisi sehat. 
Beberapa burung yang meski bisa diberikan pengembunan namun kurang cocok adalah burung dari jenis paruh bengkok seperti lovebird, parkit, dll dan burung cucak hijau yang tergantug karakter dan kebiasaan. 
 
Beberapa tips pengembunan pada burung kicauan

Pengembunan akan lebih efektif untuk burung kicauan dari jenis anis atau punglor seperti anis merah, anis kembang, anis macan, dan dari jenis burung sikatan seperti tledekan, kacer, murai batu. 

Waktu yang umum ketika melakukan pengembunan bisa dimulai sejak pukul 05:00 pagi, karena pada waktu itu burung bisa mendapati cahaya matahari yang mulai terbit. 

Ketika pengembunan burung tidak lupa diberikan pakan tambahannya (EF) yang bisa merangsang burung untuk bersuara, seperti cacing tanah untuk burung dari jenis anis/punglor, dan kroto untuk burung dari jenis sikatan, dan jangkrik untuk burung jenis lainnya. 

Selama diembunkan sebaiknya burung ditempatkan di tempat yang aman, nyaman dan tidak terganggu baik oleh hewan-hewan liar.



Baca:   Berburu burung kicauan di sekitar Bogor

Related Articles

Tips menangani burung yang lepas dari kandangnya

Burung lepas dari sangkarnya biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena kecerobohan kita lupa menutup kandang ataupun menggantangnya di tempat yang mudah goyang / jatuh misalnya pada ranting pohon yang kecil atau pada pengait kandang yang sudah mulai longgar bisa jadi juga karena serangan binatang lain seperti tikus atau kucing.  Lalu apakah yang harus […]
Read more

Solusi mengatasi cucak jenggot yang macet bunyi

Cucak jenggot lebih dikenal sebagai burung masteran. Suara kicauannya yang tajam dan rapat itu sangat disukai untuk masteran murai batu dan lovebird. Sebagai burung masteran, cucak jenggot tentu harus dirawat agar senantiasa rajin bunyi. Tapi bagaimana jika burung ini mendadak berhenti berkicau alias macet  bunyi? Simak solusi untuk mengatasinya berikut ini. Baca:   Mengenal Burung […]
Read more

Berburu unggas-unggas unik di Pasar Burung Depok, Solo

Pasar Burung Depok yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah kini telah berhias diri, pasar burung ini telah menjelma menjadi kawasan jual beli hewan-hewan peliharaan yang terbesar di Jawa Tengah. Pasar yang menjadi Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok ini pun tak hanya menjadi tujuan pecinta burung dan ikan, namun juga menjadi tempat berburu bagi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by