Membuat pakan untuk pakling, calandra dan sanma

Burung-burung seperti mongolian lark, calandra lark, dan sanma adalah spesies burung impor dari jenis lark. Dalam perawatannya burung jenis ini membutuhkan asupan pakan yang bergizi tinggi agar tetap fit dalam kondisi cuaca dan suhu di Indonesia. Pakan tersebut bisa didapatkan dengan membuat sendiri pakan racikan untuk Pakling, Calandra dan Sanma dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang mudah didapatkan.



Bahan baku yang dibutuhkan

  • Pakan ayam petelur 500 gram (khusus untuk burung yang pernah mabung). Jika burung masih trotolan atau belum  mabung pertama, bisa menggunakan pakan ayam pedaging.
  • Kacang hijau 200 gram.
  • Beras merah 200 gram.
  • Madu sebanyak 1 sendok teh.
  • Scoot Emulsion sebanyak 1 sendok teh.
  • Kuning telur ayam / bebek sebanyak 5-7 butir.

Cara pembuatan pakan racikan burung lark

  • Kacang hijau dan beras merah direndam dalam air bersih selama 15 menit agar lebih lunak. Setelah itu ditumbuk hingga menjadi butiran kasar.

Kacang hijau dan beas merah ditumbuk hingga kasar
  • Hasil tumbukan dicampur dengan pakan ayam dan diaduk hingga merata.
  • Masukkan kuning telur dalam wadah (misalnya mangkuk), lalu dicampur madu dan Scoot Emulsion. Aduk hingga semua bahan tadi tercampur merata.
  • Campuran kuning telur selanjutnya dimasukkan ke dalam wadah yang berisi campuran pakan ayam, tumbukan kacang hijau, dan beras merah. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  • Jika diperlukan, adonan ini bisa ditambah dengan mulvitamin seperti BirdVit, Nature -E, atau tepung jangkrik.

Mencampurkan telur dan madu kedalam adonan kemudian menjemur hingga kering dengan cara diangin-anginkan

  • Jika adonan sudah tercampur merata, Anda bisa mengeringkannya tanpa menggunakan sinar matahari. Jadi cukup dianginkan saja untuk mencegah lembab yang bisa memicu tumbuhnya jamur.
  • Setelah pakan olahan sudah kering, Anda bisa mencampurnya dengan sedikit millet ataupun hemp seed, dan siap disajikan untuk burung pailing, sanma, atau branjangan.

Pakan sudah siap digunakan, dan sisa pakan bisa disimpan dalam lemari penyimpanan makanan untuk digunakan pada hari berikutnya. 

Salam Kicau!

More from my site

Baca:   Bagaimana memotong ring burung dengan benar

Related Articles

Mengenali French Molt (Mabung Prancis) pada burung parkit

Seperti juga burung kicauan jenis lain, burung parkit tidak bisa lepas dari berbagai penyakit yang bisa menimpanya termasuk salah satu penyakit yang paling umum dan sering dialami oleh burung parkit yaitu penyakit bulu atau dikenal banyak kalangan sebagai French Molt (Mabung prancis). Penyakit yang menyebabkan kerusakkan pada bulu parkit ini disebabkan oleh virus yang disebut […]
Read more

Murai batu si burung peliharaan paling popular di dunia

Tidak bisa dipungkiri, burung murai batu merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Muscicapidae yang paling populer dan menjadi dambaan banyak penggemar burung di seluruh dunia. Sebagai kicau mania kita patut berbangga hati karena Indonesia merupakan habitat dan penyebaran sebagian besar dari beragam jenis burung murai batu, karena itu pula seharusnya kita bisa menjaga kelestarian […]
Read more

Merawat burung samyong agar rajin bunyi

Garugiwa atau burung samyong yang merupakan burung endemik dari Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi burung yang banyak dicari oleh penggemar burung di Indonesia, terutama di daerah Jawa dan Sumatera.  Burung samyong terkenal dengan suara kicauannya yang cukup kencang, meski begitu tidak jarang burung samyong yang dipelihara justru tidak mau menampilkan kemampuan berkicaunya, terutama jika si […]
Read more

One thought on “Membuat pakan untuk pakling, calandra dan sanma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?