kaki 2Bbngkak

Bagaimana memotong ring burung dengan benar

Ring yang terdapat di kaki burung peliharaan adalah untuk tujuan identifikasi dari burung tersebut, bahkan tak sedikit penggemar burung yang menganggap bahwa memelihara burung dengan ring telah menunjukkan kualitasnya sebagai seorang kicaumania yang peduli kelestarian alam. Namun tidak selamanya ring harus digunakan terus oleh burung, karena kita terpaksa harus melepasnya ketika diperlukan. Lalu bagaimana cara melepas ring dari kaki burung tersebut?

kaki 2Bbngkak

Memasang ring pada kaki burung dilakukan ketika burung tersebut masih berusia 5 – 12 hari, pada usia yang masih piyikan tersebut kaki burung masih lemas dan tidak kaku sehingga memudahkan kita dalam memasang ring pengenalnya. Namun setelah burung berusia dewasa dan muncul gangguan pada kakinya, misalnya kaki yang membengkak atau tumbuh sisik di kakinya maka mau tak mau kita dengan terpaksa harus melepaskan ring tersebut sebelum menjadi masalah dikemudian hari.
Ring yang dipaksakan untuk terus terpasang ketika ada perubahan pada kaki burung ( besar, bengkak atau bersisik) maka akan terjadi kelainan atau cacat pada kaki burung tersebut, dalam beberapa kasus kaki burung akan terluka lalu terkena infeksi sehingga burung akan enggan menggunakan kakinya lantaran merasa sakit.

Memotong ring yang ada di kaki burung pun tidak dilakukan secara sembarangan, karena bisa membuat burung stress lantaran kakinya yang terluka akibat dipaksakan memotong ring tersebut dengan asal-asalan. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai cara-cara memotong ring pada kaki burung dengan tepat.

Baca:   Fosil burung terbesar di dunia berhasil diidentifikasi

Sebelum memotong ring tersebut, ada baiknya kita memeriksa terlebih dahulu ring yang digunakannya. Ada beberapa jenis ring yang selama ini digunakan para penangkar burung yaitu closed ring (ring biasa) dan open ring (ring yang dipasang pada burung dewasa). Dengan mengetahui jenis ring yang digunakan, maka kita bisa menggunakan alat yang tepat untuk melepas ring dari kaki burung.

Para penangkar burung biasanya menggunakan peralatan khusus yang digunakan untuk memotong ring, terutama untuk ring jenis closed ring atau ring biasa. Peralatan tersebut berbentuk seperti gunting/tang dengan bagian kepala yang tajam yang digunakan untuk memotong ring yang terbuat dari bahan besi atau logam.

Peralatan tersebut adalah Ring Cutter, dan biasanya bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan burung yang lengkap atau bisa juga membeli secara online.

ring 2Bcuter 2Btang 2Bpemotong 2Bring
Ring Cutter atau tang khusus untuk memotong ring burung


Kalau tidak memiliki peralatan tersebut tetapi kita harus melepaskan ring dari kaki burung , maka kita bisa memanfaatkan kikir untuk memotongnya. Tapi sebelumnya kaki burung dilindungi dahulu dengan membalutnya menggunakan tisu atau tensoplas dengan cara ring ditarik ke atas (dekat paha) lalu tisu atau tensoplas mulai dibalutkan pada kaki burung, setelah itu ring diturunkan kembali untuk dipotong.

Pemotongan ring menggunakan kikir dilakukan dalam posisi vertikal, pada saat itu burung dipegang dengan posisi yang bisa memudahkan kita menggesekan kikir pada ringnya.

v

Perlu diperhatikan agar pada waktu proses pemotongan tersebut sebaiknya tidak dilakukan terus menerus atau istirahat dahulu selama beberapa menit, karena pemotongan yang terus menerus akan membuat ring menjadi panas akibat gesekan dan bisa menyakiti burung. Alternatif lain adalah meneteskan air pada ring tersebut untuk mencegah timbulnya panas akibat gesekan kikir dengan ringnya.

Baca:   Perilaku burung parasit seperti mafia yang mengancam burung lainnya

Setelah ring terpotong sebagian, anda bisa menggunakan peralatan khusus untuk mencongkel ring dari kaki burung.

pencongkel

Namun jika anda tidak memiliki peralatan tersebut, maka proses pemotongan bisa dilanjutkan pada sisi berlawanan dari ring yang sudah terpotong tadi. Silakan ulangi lagi sampai ring bisa dilepaskan dengan sempurna.

Pemotongan menggunakan kikir sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati dan butuh konsentrasi tinggi. Karena bergeser sedikit saja kaki burung bisa tergores. Lakukan dengan santai dan tenang tidak perlu terburu-buru agar hasilnya lebih sempurna dan burung tidak mudah stress.

Setelah cincin terlepas, kaki burung di cuci dan dibersihkan dengan air hangat, dan setelah itu burung dimasukkan kembali ke dalam sangkar hariannya lalu digantung di tempat yang sepi untuk menenangkan diri. Jangan lupa berikan pakan tambahan kesukaannya dengan secukupnya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Cara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunPenyebab […]
Read more

Merawat burung samyong agar rajin bunyi

Garugiwa atau burung samyong yang merupakan burung endemik dari Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi burung yang banyak dicari oleh penggemar burung di Indonesia, terutama di daerah Jawa dan Sumatera.  Burung samyong terkenal dengan suara kicauannya yang cukup kencang, meski begitu tidak jarang burung samyong yang dipelihara justru tidak mau menampilkan kemampuan berkicaunya, terutama jika si […]
Read more

Alternatif perawatan agar pleci rajin berbunyi

Merawat dan memelihara burung kicauan  semestinya tidak membuat kita bertambah stress, melainkan kita harus menganggapnya sebagai bentuk kesenangan dan tanggung jawab (karena kita berurusan dengan mahluk hidup). Banyak alternatif perawatan yang bisa dilakukan jika burung tetap tidak mau menampilkan performa terbaiknya, seperti halnya alternatif perawatan agar pleci rajin bunyi berikut ini.  Salah satu tantangan dalam […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?