Anis sisik, punglor yang terpinggirkan

Indonesia memiliki beragam spesies burung anis atau punglor yang salah satunya adalah anis sisik atau punglor sisik yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Common scaly trhrush atau Zoothera dauma. Spesies burung ini merupakan satu dari 39 spesies Zoothera yang terdapat di dunia. Bagi kalangan kicaumania, burung anis sisik ibarat burung yang terpinggirkan karena dianggap tidak bisa berkicau.

anis sisik

Anis sisik umumnya berhabitat di pegunungan yang berada di wilayah Sumatera Utara. Seluruh tubuhnya dibalut corak yang menyerupai sisik dan dari penampilannya itu spesies burung ini diberinama dengan anis sisik atau scaly thrush. 

Seperti halnya spesies burung anis lainnya yang cenderung sangat pemalu untuk berkicau, anis sisik pun tak jauh berbeda dengan spesies anis lain seperti anis gunung atau anis siberia. Meski sebenarnya burung ini memiliki kemampuan untuk bersuara dengan suara yang lantang dan bervariasi seperti halnya anis kuning atau anis cendana.

Dalam habitatnya, anis sisik adalah burung yang sangat menyukai daerah teduh terutama berdekatan dengan aliran sungai sehingga dalam perawatannya burung anis sisik sebaiknya digantung di tempat yang teduh, nyaman dan sedikit lembab untuk membuat burung tersebut cepat berkicau atau menirukan suara kicauan lainnya.

Anis sisik memang tidak begitu popular di kalangan penggemar burung di Indonesia karna dianggap sebagai jenis burung yang tidak berkicau atau hanya berkicau tengah malam saja. Tetapi seperti disebutkan di atas, jika dirawat dengan baik dengan lokasi gantangan yang tepat, maka burung ini pun akan mampu berkicau dengan sangat baik. 

Salam kicau


Baca:   Fosil burung terbesar di dunia berhasil diidentifikasi

Related Articles

Seputar Anis Kembang

Karakter Dasar Burung Anis Kembang Sangat sensitif dan butuh waktu untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan. Perlakuan yang kasar, perubahan lingkungan yang drastis, akan membuat burung Anis Kembang menjadi stress. Pembosan dan selalu butuh suasana baru. kalau berada di satu tempat dengan waktu yang lama, maka burung malas untuk berkicau lagi. Cobalah secara berkala memindahkan tempat […]
Read more

Inilah sebabnya merpati anggukan kepalanya saat berjalan

Saat berjalan, merpati tampak menggerakkan kepalanya ke depan dan belakang. Sebenarnya, burung ini tak melakukan hal tersebut. Saat kepalanya terlihat bergerak ke belakang, sebenarnya burung itu sedang menggerakkan badannya ke depan, hingga kepalanya “tertinggal” di belakang. Setelah itu, barulah ia memajukan kepala melewati badannya. Hal ini dilakukan untuk membantu penglihatan selama bergerak dan mencari makan. […]
Read more

Mengenali French Molt (Mabung Prancis) pada burung parkit

Seperti juga burung kicauan jenis lain, burung parkit tidak bisa lepas dari berbagai penyakit yang bisa menimpanya termasuk salah satu penyakit yang paling umum dan sering dialami oleh burung parkit yaitu penyakit bulu atau dikenal banyak kalangan sebagai French Molt (Mabung prancis). Penyakit yang menyebabkan kerusakkan pada bulu parkit ini disebabkan oleh virus yang disebut […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?