Ada Rangkong di Gunung Nagara Garut

Tak banyak orang yang mengenal Gunung Nagara yang terletak di Desa Depok, Garut Selatan. Apa yang bisa ditemukan di Gunung ini memang sama seperti Gunung-Gunung lainnya, seperti lereng yang terdiri dari berbagai lapis pepohonan yang hijau, dengan beragam satwa di dalamnya. Tapi ada satu keunikan dari Gunung Nagara ini, apakah itu?

Gunung+Nagara
Gunung Nagara yang tampak seperti bukit hijau


Salah satu keunikan dari Gunung Nagara adalah ternyata Gunung ini merupakan habitat dari burung rangkong (Buceros rhinoceros), jika kita mengunjungi Gunung ini akan tampak sepasang burung rangkong yang sedang ayik bercengkerama di batang pepohonan yang cukup tinggi. Tubuhnya besar namun sangat indah dengan mahkota berwarna oranye yang terdapat pada bagian atas kepalanya. 

rangkong

Suara kicauannya cukup lantang, dan sepintas mirip suara teriakan monyet. Ketika akan terbang itulah burung rangkong terkadang mengeluarkan suara yang keras, dan ketika akan mendarat kepakan sayapnya akan mengeluarkan suara yang dramatis. 

Selain burung rangkong, keunikan lain yang bisa ditemukan di Gunung Nagara ini adalah banyaknya hewan-hewan langka lainnya seperti kambing hutan, landak, kucing hutan, macan kumbang, burung walik, surili, dan beragam jenis kupu-kupu. 

Itu sebagian dari jenis hewan yang bisa ditemukan, nah kalau untuk tanamannya bahkan lebih semarak dan beragam, mulai dari pohon burahol, menyan, kananga, bintanu, kigaru, binong, dan tumbuhan lainnya yang belum dikenal secara ilmiah.

Tertarik mengunjunginya? Jika anda tertarik melakukan perjalanan wisata alam ke Gunung Nagara ini, maka untuk menuju wilayah ini cukup mudah, dari terminal Garut anda tinggal naik mobil efl jurusan Pameungpeuk lalu turun di Kampung Pagelaran, dan dari kampung tersebut bukit Gunung Nagara sudah terlihat. 

[gosipgarut]

Baca:   Solusi jitu cegah dan atasi lovebird macet bunyi

Related Articles

Daftar harga burung di pasar-pasar burung jelang lebaran

Menjelang Hari Raya Iedul Fitrie sudah bisa dipastikan beberapa jenis burung akan mengalami kestabilan harga atau bahkan penurunan harga, karena banyak dari pedagang yang mengaku sangat membutuhkan uang untuk mudik atau bekal lebaran mereka.  Beberapa jenis burung bahkan bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk panduan, berikut prediksi beberapa harga burung di pasar-pasar burung […]
Read more

Mengenal jenis burung cucak cucakan

Burung yang termasuk kedalam jenis cucak-cucakan ( Suku pycnonotidea ) ini penyebarannya luas meliputi Asia dan Afrika. Ciri ciri khusus dari burung cucak-cucakan adalah : memiliki sayap yang pendek, ekor agak panjang, paruh yang ramping, bulu yang halus dan lembut dan pada beberapa jenis tertentu memiliki jambul yang tegak berdiri. Perbedaan kelamin dari jenis burung […]
Read more

Hello world!

Welcome to ThemeGrill Demo. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging! Tips rawatan lovebird ngunci konsletMengenal jenis burung cucak cucakanMengenal Burung TledekanBeda jantan dan betina mozambikMacam macam jenis dan bentuk kandang jebakanMencegah dan mengatasi kutu pada burung peliharaan Baca:   Mengenal jenis burung cucak cucakan
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?