Murai batu si burung peliharaan paling popular di dunia

Tidak bisa dipungkiri, burung murai batu merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Muscicapidae yang paling populer dan menjadi dambaan banyak penggemar burung di seluruh dunia. Sebagai kicau mania kita patut berbangga hati karena Indonesia merupakan habitat dan penyebaran sebagian besar dari beragam jenis burung murai batu, karena itu pula seharusnya kita bisa menjaga kelestarian burung murai batu liar di habitat aslinya dengan hanya memelihara burung yang didapatkan dari hasil penangkaran.

white rumped shama



Tidak sedikit penggemar burung yang membeli burung murai batu bakalan yang merupakan hasil tangkapan hutan, dan tidak sedikit pula burung yang kemudian mati setelah dipelihara beberapa hari atau minggu. Bandingkan dengan kondisi di negara tetangga, yang untuk memelihara burung murai batu ini pun harus mendapatkan surat izin atau lisensi, dan jika kemudian burung peliharaannya itu mati, maka lisensi atau surat izin memelihara burung  akan dicabut dan orang itu tidak akan diizinkan lagi memelihara burung jika terlalu banyak burung peliharaan yang mati karena tidak bisa merawatnya. 

Untuk Indonesia, hal tersebut (penerapan lisensi) nampaknya tidak akan pernah bisa terwujud, karena itu untuk upaya melestarikan burung murai batu liar tetap di habitat aslinya, sebaiknya peliharalah burung yang didapatkan dari hasil penangkaran. 

Selain Asia, di beberapa negara di Eropa, burung murai batu ini pun cukup banyak dicari untuk ditangkarkan. Bahkan bertahun-tahun lamanya spesies burung di Asia sudah mulai dikembangbiakkan secara luas di beberapa negara, sehingga menjadikan spesies burung tersebut memiliki populasi yang cukup banyak sehingga kerap disebut sebagai burung lokal. Misalnya di Hawaii, burung murai batu yang dibawa dari sebuah negara di Asia pada tahun 1931, karena terlalu banyaknya spesies burung yang lepas, burung-burung itu kemudian berkembangbiak dan kini telah memiliki populasi berlimpah, dan bisa ditemukan di hutan-hutan di wilayah Hawaii dan sekitarnya. 

Karena itu pantas kiranya burung murai batu menduduki peringkat pertama sebagai burung populer yang memiliki suara merdu. 

Untuk mendengarkan bagaimana kemerduan suara burung murai batu ini, silakan dengar dan download suaranya di sini: 

Video burung murai batu

 – 

Semoga bermanfaat

Baca:   Mengenali French Molt (Mabung Prancis) pada burung parkit

Related Articles

lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Cara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunPenyebab […]
Read more

Murai Batu Pedrosa yang sempat diacuhkan kini jadi Juara Nasional

Om Aries Pranatha sewaktu masih muda adalah seorang pembalap motor nasional yang mengaku pernah mengacuhkan murai batu miliknya Pedrosa, bahkan ia sempat menitipkan burung murai miliknya itu pada temannya ketika ia memiliki beberapa ekor burung murai yang dianggapnya berkualitas lebih baik dari murai tersebut.  Namun ketika seluruh koleksi burung murainya mabung secara bersamaan, dengan terpaksa […]
Read more

Perilaku burung parasit seperti mafia yang mengancam burung lainnya

Max Planck Institute for Evolutionary Biology mengungkapkan dalam penelitian terbarunya bahwa beberapa spesies brung parasit cenderung memiliki perilaku seperti sekelompok mafia/geng yang akan mengancam burung dari spesies lain yang tidak mau merawat telur yang dititipkan kepadanya.  Perilaku tersebut tentu saja cukup unik, karena dengan melakukan upaya balas dendam, maka kelangsungan hidup dari spesies burung parasit […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?