Murai batu si burung peliharaan paling popular di dunia

Tidak bisa dipungkiri, burung murai batu merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Muscicapidae yang paling populer dan menjadi dambaan banyak penggemar burung di seluruh dunia. Sebagai kicau mania kita patut berbangga hati karena Indonesia merupakan habitat dan penyebaran sebagian besar dari beragam jenis burung murai batu, karena itu pula seharusnya kita bisa menjaga kelestarian burung murai batu liar di habitat aslinya dengan hanya memelihara burung yang didapatkan dari hasil penangkaran.

white rumped shama



Tidak sedikit penggemar burung yang membeli burung murai batu bakalan yang merupakan hasil tangkapan hutan, dan tidak sedikit pula burung yang kemudian mati setelah dipelihara beberapa hari atau minggu. Bandingkan dengan kondisi di negara tetangga, yang untuk memelihara burung murai batu ini pun harus mendapatkan surat izin atau lisensi, dan jika kemudian burung peliharaannya itu mati, maka lisensi atau surat izin memelihara burung  akan dicabut dan orang itu tidak akan diizinkan lagi memelihara burung jika terlalu banyak burung peliharaan yang mati karena tidak bisa merawatnya. 

Untuk Indonesia, hal tersebut (penerapan lisensi) nampaknya tidak akan pernah bisa terwujud, karena itu untuk upaya melestarikan burung murai batu liar tetap di habitat aslinya, sebaiknya peliharalah burung yang didapatkan dari hasil penangkaran. 

Selain Asia, di beberapa negara di Eropa, burung murai batu ini pun cukup banyak dicari untuk ditangkarkan. Bahkan bertahun-tahun lamanya spesies burung di Asia sudah mulai dikembangbiakkan secara luas di beberapa negara, sehingga menjadikan spesies burung tersebut memiliki populasi yang cukup banyak sehingga kerap disebut sebagai burung lokal. Misalnya di Hawaii, burung murai batu yang dibawa dari sebuah negara di Asia pada tahun 1931, karena terlalu banyaknya spesies burung yang lepas, burung-burung itu kemudian berkembangbiak dan kini telah memiliki populasi berlimpah, dan bisa ditemukan di hutan-hutan di wilayah Hawaii dan sekitarnya. 

Karena itu pantas kiranya burung murai batu menduduki peringkat pertama sebagai burung populer yang memiliki suara merdu. 

Untuk mendengarkan bagaimana kemerduan suara burung murai batu ini, silakan dengar dan download suaranya di sini: 

Video burung murai batu

 – 

Semoga bermanfaat

Baca:   Beda Sanger dengan Blackthroat

Related Articles

Mandi malam pada burung kicauan

Tidak bisa dipungkiri mandi malam ternyata mampu memberikan hasil yang cukup signifikan pada penampilan burung peliharaan. Sebagian besar penggemar burung di Indonesia pun mengakui kalau mandi malam cukup efektif menjadikan burung mereka memiliki penampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Lalu seberapa efektifkah mandi malam bagi beberapa jenis burung kicauan ? Dulu mandi malam hanya dilakukan […]
Read more

Tips merawat anakan burung cekakak

Meski bukan termasuk burung langka, namun burung cekakak adalah jenis burung yang dilindungi. Populasinya terus menipis lantaran rusaknya habitat mereka, selain dari perburuan liar menggunakan senapan angin, kandang jebakan atau lem pulut. Meski begitu banyak juga orang yang berburu anakan burung cekakak untuk tujuan dipelihara dan setelah dewasa burung tersebut bisa dimanfaatkan sebagai burung masteran. […]
Read more

Perawatan dan membuat trucukan rajin berbunyi

Trucukan atau di daerah Jawa Barat dikenal sebagai burung jog-jog memang cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain murah meriah, suara kicauan burung trucukan ini juga banyak di manfaatkan untuk melatih burung cucak rawa mengeluarkan suara ropelannya. Selain itu, burung trucukan ini pun memiliki gaya yang khas yagn disebut dengan gaya Garuda. Lalu bagaimana cara membuat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?