Cica kopi melayu, burung kicauan alternatif bersuara merdu

Cica Kopi Melayu (Pomortohinus montanus) adalah burung asli dari Indonesia. Burung yang berpenampilan cantik dengan alis putih mencolok dan paruhnya yang panjang melengkung adalah burung yang cukup popular di kalangan penggemar burung di Indonesia. Suara kicauannya mirip-mirip dengan burung poksay, dan cenderung monoton. Meski begitu burung cucak kopi bisa menjadi alternatif burung kicauan di rumah, karena suaranya bisa bervariasi jika anda rutin melatihnya. 

Menurut taksonominya, burung cuca kopi atau cica kopi melayu terdiri dari 4 subspesies yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, keempat subspesies cica kopi adalah:

  1. Pomartohinus montanus occidentalis tersebar di Semenanjung Malaysia dan Sumatera.
  2. Pomatorhinus montanus bornensis tersebar di Kalimantan dan Kepulauan Bangka.
  3. Pomatorhinus montanus montanus tersebar di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  4. Pomartohinus montanus ottolanderi tersebar di Jawa Timur dan Bali.

Spesies yang ditemukan di Kalimantan dan Sumatera rata-rata memiliki tubuh yang lebih kecil dengan warna yang lebih terang dari cica kopi yang ditemukan di Jawa dan Bali.
Perawatan Burung cica kopi 

Cica kopi adalah burung pemakan serangga dan buah-buahan, dalam perawatan hariannya burung ini tidak bisa lepas dari pemberian EF atau ekstra fooding seperti ulat hongkong, kroto, dan jangkrik. Karena burung ini akan tambah rajin berbunyi setelah mengkonsumsi pakan-pakan tersebut dengan takaran yang pas. 
Selain itu, buah-buahan manis dan mengandung air bisa ditawarkan dalam perawatannya misalnya buah pepaya, semangka, dan sebagainya. 
Burung cica kopi memang burung pemalu dan jarang mengeluarkan suara kicauannya jika mereka masih belum beradaptasi dengan lingkungan barunya itu, namun dengan perawatan yang rutin maka burung ini akan gacor dengan sendirinya. 
Suara kicauan burung cica kopi

Salam Kicau!

More from my site

Baca:   Mengenali kriteria burung cucak jenggot yang baik

Related Articles

Isengnya burung-burung liar di Rusia

Di negara Rusia burung-burung liar dibiarkan berterbangan di tengah kota. Meski kerap mengganggu namun keberadaan burung-burung liar di pusat kota itu jarang dpermasalahkan, bahkan burung-burung pun cenderung bebas melakukan apa saja yang ingin dilakukannya termasuk mengotori mobil-mobil dengan kotorannya.   Seperti yang terekam dalam sebuah video di bawah ini yang memperlihatkan seekor burung tersangkut di wiper […]
Read more

Tips menangani burung yang lepas dari kandangnya

Burung lepas dari sangkarnya biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena kecerobohan kita lupa menutup kandang ataupun menggantangnya di tempat yang mudah goyang / jatuh misalnya pada ranting pohon yang kecil atau pada pengait kandang yang sudah mulai longgar bisa jadi juga karena serangan binatang lain seperti tikus atau kucing.  Lalu apakah yang harus […]
Read more

Akibat pemanasan global burung-burung mulai naik gunung

Banyak spesies burung gunung di daerah tropis yang berpindah ke lereng gunung yang berada dalam jangkauan mereka untuk menghindari suhu yang semakin memanas. Tampaknya spesies dari daerah tropis lebih sensitif terhadap perubahan iklim daripada burung yang berada di daerah subtropis, seperti dilaporkan oleh para peneliti dari Cornell Lab of Ornithology dalam Proceedings of the National […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?