Cica kopi melayu, burung kicauan alternatif bersuara merdu

Cica Kopi Melayu (Pomortohinus montanus) adalah burung asli dari Indonesia. Burung yang berpenampilan cantik dengan alis putih mencolok dan paruhnya yang panjang melengkung adalah burung yang cukup popular di kalangan penggemar burung di Indonesia. Suara kicauannya mirip-mirip dengan burung poksay, dan cenderung monoton. Meski begitu burung cucak kopi bisa menjadi alternatif burung kicauan di rumah, karena suaranya bisa bervariasi jika anda rutin melatihnya. 
8nslhmec

Menurut taksonominya, burung cuca kopi atau cica kopi melayu terdiri dari 4 subspesies yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, keempat subspesies cica kopi adalah:

  1. Pomartohinus montanus occidentalis tersebar di Semenanjung Malaysia dan Sumatera.
  2. Pomatorhinus montanus bornensis tersebar di Kalimantan dan Kepulauan Bangka.
  3. Pomatorhinus montanus montanus tersebar di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  4. Pomartohinus montanus ottolanderi tersebar di Jawa Timur dan Bali.

Spesies yang ditemukan di Kalimantan dan Sumatera rata-rata memiliki tubuh yang lebih kecil dengan warna yang lebih terang dari cica kopi yang ditemukan di Jawa dan Bali.
Perawatan Burung cica kopi 

Cica kopi adalah burung pemakan serangga dan buah-buahan, dalam perawatan hariannya burung ini tidak bisa lepas dari pemberian EF atau ekstra fooding seperti ulat hongkong, kroto, dan jangkrik. Karena burung ini akan tambah rajin berbunyi setelah mengkonsumsi pakan-pakan tersebut dengan takaran yang pas. 
Selain itu, buah-buahan manis dan mengandung air bisa ditawarkan dalam perawatannya misalnya buah pepaya, semangka, dan sebagainya. 
Burung cica kopi memang burung pemalu dan jarang mengeluarkan suara kicauannya jika mereka masih belum beradaptasi dengan lingkungan barunya itu, namun dengan perawatan yang rutin maka burung ini akan gacor dengan sendirinya. 
Suara kicauan burung cica kopi

Salam Kicau!
Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Related Articles

4 cara mengasah mental lovebird paud

Mengenal Burung NightingaleCica kopi melayu, burung kicauan alternatif bersuara merduLangkah-langkah jika burung macet bunyiSolusi mengatasi cucak jenggot yang macet bunyiCara melatih ciblek agar bersuara ngebrenCara mengatasi cucak jenggot agresif / galak karena over birahi Baca:   Akibat pemanasan global burung-burung mulai naik gunung
Read more

Berburu unggas-unggas unik di Pasar Burung Depok, Solo

Pasar Burung Depok yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah kini telah berhias diri, pasar burung ini telah menjelma menjadi kawasan jual beli hewan-hewan peliharaan yang terbesar di Jawa Tengah. Pasar yang menjadi Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok ini pun tak hanya menjadi tujuan pecinta burung dan ikan, namun juga menjadi tempat berburu bagi […]
Read more

Cara membedakan cucak rowo jantan dan betina

Cucak Rawa atau Pycnonotus zeylanicus, seperti nama yang disandangnya memiliki habitat asli disekitar rawa, tepian sungai atau tepian hutan.  Ciri-ciri umum dari burung cucak rowo adalah sebagai berikut: Memiliki mahkota dan penutup telinga dengan warna jingga atau kuning jerami pucat. Pada bagian mata terdapat garis horizontal berwarna hitam. Pola bulu pada bagian belakang adalah kombinasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?