Perawatan tepat agar blackthroat rajin bunyi

Blackthroat termasuk burung favorit kicaumania Indonesia yang memiliki suara kicauan ngeroll. Namun untuk mendapatkan burung yang aktif dan rajin berbunyi tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Nah seperti apa perawatan tepat yang bisa membuat blackthroat rajin berbunyi ini, mari kita simak berikut ini. 

 

Jika kita memiliki burung blackthroat di rumah, maka pastikan kita telah memiliki dan memperhatikan beberapa kriteria sebagai berikut ini : 

  1. Burung berjenis kelamin jantan.
  2. Burung memiliki postur tubuh yang tegap dan proporsional.
  3. Memiliki sorot mata yang tajam.
  4. Memiliki bulu-bulu yang cerah.
  5. Tidak dalam keadaan sakit, atau cacat.
  6. Paruh panjang, tipis dan seimbang.

 

Setelah didapatkan burung dengan kriteria di atas, berikutnya adalah melakukan perawatan harian yang tepat. Perawatan harian yang tepat meliputi :

  • Manajemen sangkar
  • Pemberian pakan 
  • Mandi dan jemur


MANAJEMEN SANGKAR

Gunakan sangkar yang memiliki ukuran yang tepat. Ukuran sangkar yang terlalu kecil membuat burung menjadi tidak leluasa bergerak, dan akibatnya burung lebih rentan kegemukan dan mudah terserang penyakit yang akan menyebabkan burung menjadi malas berbunyi.

Begitu pula dengan penggunaan sangkar yang terlalu besar pun akan terlihat kurang nyaman bagi pandangan mata kita. Umumnya, ukuran sangkar yang tepat bagi burung blackthroat adalah 30x30x30 cm, dengan ukuran tersebut selain mudah menempatkan pakan yang beraneka ragam , burung juga akan leluasa bergerak. 

Penempatan sangkar pun sebaiknya harus diperhatikan, dan sebisa mungkin sangkar dijauhkan dari lubang angin / ventilasi / sumber angin. Umumnya juga kelengkapan dalam sangkar blackhtroat adalah :

  1. Tenggeran yang bisa menggunakan dua buah tenggeran baik silang atau sejajar.
  2. Tempat makan biji-bijian (Seed).
  3. Tempat minum yang bersih.
  4. Tempat untuk menggantung tulang sotong.
  5. Tempat untuk menjepit sayuran atau buah-buahan.
  6. Tempat untuk telur rebus.

Selain itu kebersihan sangkar pun harus menjadi perhatian utama, bersihkan sangkar setiap dua kali sehari yang dimulai pada pagi hari dan sore hari.

PEMBERIAN PAKAN

Baca:   Cara mengatasi lovebird emosi tinggi

Blackthroat merupakan salah satu jenis burung pemakan biji-bijian, seperti halnya burung kenar dan berbagai jenis burung finch lainnya. Burung ini lebih menyukai bijian seperti jewawut. Untuk kelengkapan dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya, sebaiknay biji-bijian yang diberikan mengandung campuran biji yang baik. Dalam hal ini anda bisa memberikan pakan biji-bijian dengan campuran sebagai berikut:

  • Jewawut ( 40 % )
    Milet (5-10 %)
  • Cannary Seed ( 35%)
  • Biji Sawi (5-10%)
  • Niger Seed (2%)
  • Biji Lobak (3%)

Selain pakan di atas, berikan pakan tambahan lain berupa sayuran seperti sawi putih, selada, oyong, dan daun ginseng secara berselang-seling setiap harinya juga buah-buahan seperti apel yang bisa diberikan setiap dua hari sekali.

Sebagai pakan tambahan lainnya, anda bisa memberikan telur puyuh rebus yang diberikan setiap seminggu dua – tiga kali dan sesekali dapat diberikan madu yang dicampur dalam minuman atau dioleskan pada buah/sayurnya.

Berikan tulang sotong yang dibutuhkan sebagai sumber kalsium dan mineral bagi burung.

c. Pemandian dan Penjemuran

Mandi dan jemur adalah bagian penting dalam perawatan hariannya. Mandi yang rutin bisa membersihkan bulu burung dari kotoran dan debu yang menempel, juga bisa membantu mengihilangkan kutu yang menempel, sedangkan penjemuran pada pagi hari sangat bermanfaat sebagai sumber vitamin D bagi burung. 

Penjemuran yang baik bagi burung blackthroat adalah dimulai sejak pukul 06:30 hingga 08:30 pagi. Setelah itu burung diangin-anginkan di tempat yang teduh sambil diberikan pemasterannya.

Memandikan burung blackthroat bisa menggunakan beberapa macam cara, diantaranya menggunakan bak mandi yang dimasukkan dalam sangkarnya, atau menyemprot burung dengan sprayer. Berikan mandi secara rutin setiap hari selama satu – dua kali sehari. 

Dengan rutin melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, bukan tidak mungkin burung blackthroat kesayangan anda akan menunjukkan dan menampilkan suara kicauannya yang lantang dan penuh variasi. 

Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas mengenai bagaimana mempersiapkan blackthroat untuk lomba. 

More from my site

Baca:   Cegah lovebird diare dengan cara ini

Related Articles

Burung murai batu muda hutan (MH)

Tips melatih mental murai batu mh

Banyak murai batu mh dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Walaupun perawatannya membutuhkan lebih banyak perhatian, namun banyak kicaumania yang tertarik untuk memeliharanya. Untuk menjadikan murai batu mh rajin berkicau, maka kita perlu melatih mentalnya terlebih dulu. Dengan demikian, burung akan memiliki keberanian untuk mengeluarkan suaranya yang lantang, kapan dan di mana saja. More […]
Read more

Tips mengatasi kenari tidak keluar suara

Saat mendapati burung kenari yang seperti berkicau dengan paruh dan tenggorokan naik turun, namun tidak ada suara yang keluar itu menandakan burung tersebut sedang mengalami masalah. Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh infeksi parasit atau tunga, tapi bisa juga karena sebab lain. More from my siteKenari sakit pernafasan? Ini cara mengatasinyaPenyebab dan cara mengatasi kenari bersuara […]
Read more
merawat lovebird umur 1-3 bulan

Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lomba

Untuk menjadikan lovebird balibu atau berumur di bawah lima bulan mempunyai suara ngekek dengan durasi yang panjang, maka perawatan dan pelatihan rutin harus mulai dilakukan sejak burung tersebut masih berumur 1 – 3 bulan. Dengan demikian, pada bulan-bulan berikutnya, mereka akan berada dalam kondisi yang siap lomba More from my siteCara melatih mental lovebird paudSettingan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?