Menariknya suara kicauan merbah gunung

Burung merbah adalah spesies burung yang termasuk dalam keluarga Pycnonotidae, dan merupakan jenis burung yang paling umum di temukan di Indonesia. Perawatannya yang mudah dan suara kicauannya yang cukup merdu mampu memikat hati penggemar burung di Indonesia untuk memeliharanya. Ada banyak jenis burung dari pycnonotidae ini yang cukup populer sebagai burung peliharaan, termasuk juga burung merbah gunung atau Flavescent bulbul (Pycnonotus flavescens) yang memiliki suara kicauan yang juga sangat menarik sebagai suara masteran.

bulbul.flavescent.toli.3g

Spesies burung ini memiliki tubuh yang berukuran sekitar 20 cm, dengan tubuh berwarna hijau-zaitun sedangkan pada bagian tunggirnya berwarna kuning terang, dan bagian kekang, wajah, serta tenggorokannya berwarna putih dengan dada berwarna keabu-abuan bercoret dan jambul dikepalanya yang lebat tapi sangat pendek.

Merbah gunung memiliki wilayah penyebaran di India timur laut, Cina barat daya, Asia Tenggara kecuali di semenanjung Malaysia, dan Kalimantan yang meliputi wilayah Gunung Kinabalu hingga murud, Mulu, dan hulu Bahau.  Ada 4 sub-spesies dari burung merbah gunung dengan daerah sebaran yang berbeda, yaitu:

  1. Pycnonotus flavescens flavescens ditemukan di India bagian timur-laut (Assam, Meghalaya, Nagaland, Bukit Lushai, juga di Arunachal), Bangladesh bagian timur-laut dan Myanmar (termasuk Perbukitan Arakan).
  2. Pycnonotus flavescens vividus ditemukan di China Selatan (Yunnan), Myanmar utara & timur, Thailand barat-laut (sampai TN Kaeng Krachan), Laos dan Vietnam bagian utara.
  3. Pycnonotus flavescens sordidus ditemukan di Laos dan Vietnam selatan (termasuk Da Lat plateau).
  4. Pycnonotus flavescens leucops ditemukan di Kalimantan bagian utara (Gn Kinabalu, Gn Mulu, Gn Murud, dan Gn Lunjut).

 Untuk contoh suara kicauannya bisa anda dengarkan di bawah ini : 

Suara kicauan merbah gunung 

Suara kicauan merbah gunung 


Baca:   Tips perawatan burung yang akan ditinggal mudik

Related Articles

Fosil burung terbesar di dunia berhasil diidentifikasi

Fosil burung yang telah berusia lebih dari 25 juta tahun lalu berhasil diidentifikasi oleh para peneliti dari Amerika Serikat, dan dianggap sebagai fosil dari burung terbesar di dunia sepanjang sejarah. Fosil yang untuk pertama kalinya digali 30 tahun lalu di Negara Bagian South Carolina, Amerika Serikat itu memiliki rentang sayap yang mencapai 61, meter hingga […]
Read more
lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Cara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunPenyebab […]
Read more

Archaeopteryx, burung purba nenek moyang dari segala jenis burung

Archaeopteryx Hewan prasejarah yang merupakan perpaduan antara dinosaurus dan burung ternyata memiliki bulu pada bagian belakang dari kakinya. Bulu-bulu tersebut mirip dengan celana yang menutupi kaki bagian belakangnya. Burung-saurus yang hidup jutaan lalu itu memiliki nama Archaeopteryx. Seluruhnya tubuhnya dipenuhi oleh bulu, tidak hanya bagian sayapnya saja. Hal tersebut terungkap melalui fosil yang baru ditemukan. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?