Menariknya suara kicauan merbah gunung

Burung merbah adalah spesies burung yang termasuk dalam keluarga Pycnonotidae, dan merupakan jenis burung yang paling umum di temukan di Indonesia. Perawatannya yang mudah dan suara kicauannya yang cukup merdu mampu memikat hati penggemar burung di Indonesia untuk memeliharanya. Ada banyak jenis burung dari pycnonotidae ini yang cukup populer sebagai burung peliharaan, termasuk juga burung merbah gunung atau Flavescent bulbul (Pycnonotus flavescens) yang memiliki suara kicauan yang juga sangat menarik sebagai suara masteran.

bulbul.flavescent.toli.3g

Spesies burung ini memiliki tubuh yang berukuran sekitar 20 cm, dengan tubuh berwarna hijau-zaitun sedangkan pada bagian tunggirnya berwarna kuning terang, dan bagian kekang, wajah, serta tenggorokannya berwarna putih dengan dada berwarna keabu-abuan bercoret dan jambul dikepalanya yang lebat tapi sangat pendek.

Merbah gunung memiliki wilayah penyebaran di India timur laut, Cina barat daya, Asia Tenggara kecuali di semenanjung Malaysia, dan Kalimantan yang meliputi wilayah Gunung Kinabalu hingga murud, Mulu, dan hulu Bahau.  Ada 4 sub-spesies dari burung merbah gunung dengan daerah sebaran yang berbeda, yaitu:

  1. Pycnonotus flavescens flavescens ditemukan di India bagian timur-laut (Assam, Meghalaya, Nagaland, Bukit Lushai, juga di Arunachal), Bangladesh bagian timur-laut dan Myanmar (termasuk Perbukitan Arakan).
  2. Pycnonotus flavescens vividus ditemukan di China Selatan (Yunnan), Myanmar utara & timur, Thailand barat-laut (sampai TN Kaeng Krachan), Laos dan Vietnam bagian utara.
  3. Pycnonotus flavescens sordidus ditemukan di Laos dan Vietnam selatan (termasuk Da Lat plateau).
  4. Pycnonotus flavescens leucops ditemukan di Kalimantan bagian utara (Gn Kinabalu, Gn Mulu, Gn Murud, dan Gn Lunjut).

 Untuk contoh suara kicauannya bisa anda dengarkan di bawah ini : 

Suara kicauan merbah gunung 

Suara kicauan merbah gunung 


Baca:   Merawat burung branjangan yang macet bunyi

Related Articles

Anis sisik, punglor yang terpinggirkan

Indonesia memiliki beragam spesies burung anis atau punglor yang salah satunya adalah anis sisik atau punglor sisik yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Common scaly trhrush atau Zoothera dauma. Spesies burung ini merupakan satu dari 39 spesies Zoothera yang terdapat di dunia. Bagi kalangan kicaumania, burung anis sisik ibarat burung yang terpinggirkan karena dianggap […]
Read more

Mari merawat dan menangkar burung emprit peking

Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar nama burung emprit, pasti bayangan anda langsung tertuju pada burung mungil yang sering diberi pewarna lalu dijual pada anak-anak kecil. Burung emprit atau pipit merupakan jenis burung finch (Estrildidae) dari genus Lonchura yang kerap dianggap sebagai burung hama lantaran habitat mereka yang tidak jauh dari lahan pertanian.  […]
Read more

Alternatif perawatan agar pleci rajin berbunyi

Merawat dan memelihara burung kicauan  semestinya tidak membuat kita bertambah stress, melainkan kita harus menganggapnya sebagai bentuk kesenangan dan tanggung jawab (karena kita berurusan dengan mahluk hidup). Banyak alternatif perawatan yang bisa dilakukan jika burung tetap tidak mau menampilkan performa terbaiknya, seperti halnya alternatif perawatan agar pleci rajin bunyi berikut ini.  Salah satu tantangan dalam […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?