Inilah sebabnya merpati anggukan kepalanya saat berjalan

Saat berjalan, merpati tampak menggerakkan kepalanya ke depan dan belakang. Sebenarnya, burung ini tak melakukan hal tersebut. Saat kepalanya terlihat bergerak ke belakang, sebenarnya burung itu sedang menggerakkan badannya ke depan, hingga kepalanya “tertinggal” di belakang. Setelah itu, barulah ia memajukan kepala melewati badannya.

download foto burung merpati


Hal ini dilakukan untuk membantu penglihatan selama bergerak dan mencari makan. Saat kepala diam, gambar distabilkan oleh retina dan benda bergerak menjadi jelas, terpisah dengan latarnya. Dan saat kepala bergerak, persepsi kedalaman gambar menjadi lebih akurat.
 
Jennifer Hancock dari Marietta College, dan Nancy Stevens serta Audrone Biknevicius dari Ohio University Heritage College  of Osteopathic Medicine, AS, melakukan penelitian terhadap seekor burung elegant-crested tinamous (yang warna bulunya hampir seperti burung puyuh). Mereka ingin mengetahui, apakah gerakan kepala terkait dengan gerakan kaki.

Tim ini menemukan bahwa saat burung ini berlari semakin cepat, anggukan ini tak terjadi. Satwa ini berlari dengan kepala menjulur ke depan, dan hal yang sama juga terjadi pada burung merpati. Uniknya ternyata anggukan dan gerakan kaki tak terkoordinasi dengan baik selama penelitian dilakukan.

Saat bergerak perlahan, langkah yang kebetulan sama dengan mulainya anggukan terjadi lebih lama. Hal ini dilakukan untuk memperhalus langkah kaki sementara gambar distabilkan di retina.

Penelitian menunjukkan tak ada hubungan antara anggukan kepala dengan pergerakan kaki, seperti yang selama ini diperkirakan orang. Bahkan, Hancock dan para koleganya menemukan bahwa pergerakan satwa ini justru terhalang oleh anggukan kepala, atau oleh keterbatasan visual yang memicu anggukan.

Sumber: National Geographics
 

Baca:   Stamina oke, pentet siap gantang

Related Articles

Elang Jawa, kisah Garuda di alam nyata

Jika ada spesies burung yang disebut-sebut menjadi inspirasi dari lambang negara Indonesia maka elang jawa (Nisaetus bartelsi)  atau javan hawk-eagle merupakan sosok paling meyakinkan dari Sang Garuda. Sosoknya yang gagah dengan jambul panjang di bagian belakang kepala membuat elang jawa kerap diidentikkan dengan garuda. Dalam Kitab Adiparwa diceritakan bahwa garuda merupakan burung gagah berani yang […]
Read more

Mengatasi penyebab burung tiba-tiba lumpuh

Sering terjadi dengan tiba-tiba burung lemah tak bertenaga, terkulai di dasar sangkar seperti lumpuh. Saat di beri makan, burung juga tak mau menyentuh maupun memakannya. Jika kondisi ini terjadi pada burung peliharaan Anda, hal ini umumnya disebabkan karena kekurangan asupan mineral terutama kalsium. Kekurangan salah satu mineral bisa membuat burung drop. Karena tanpa mineral yang […]
Read more

Inilah 12 jenis burung srigunting di Indonesia

Burung srigunting terkenal dengan kemampuannya dalam menirukan suara burung lain, tetapi selain itu burung srigunting juga terkenal dengan akal liciknya terutama dalam mencari makanan. Di habitat alaminya, burung ini akan mencoba merebut makanan yang dibawa burung lain dengan cara menakut-nakutinya menggunakan suara burung predator yang telah ia kuasai.   Di Indonesia, terdapat beberapa jenis burung srigunting […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?