Inilah sebabnya merpati anggukan kepalanya saat berjalan

Saat berjalan, merpati tampak menggerakkan kepalanya ke depan dan belakang. Sebenarnya, burung ini tak melakukan hal tersebut. Saat kepalanya terlihat bergerak ke belakang, sebenarnya burung itu sedang menggerakkan badannya ke depan, hingga kepalanya “tertinggal” di belakang. Setelah itu, barulah ia memajukan kepala melewati badannya.


Hal ini dilakukan untuk membantu penglihatan selama bergerak dan mencari makan. Saat kepala diam, gambar distabilkan oleh retina dan benda bergerak menjadi jelas, terpisah dengan latarnya. Dan saat kepala bergerak, persepsi kedalaman gambar menjadi lebih akurat.
 
Jennifer Hancock dari Marietta College, dan Nancy Stevens serta Audrone Biknevicius dari Ohio University Heritage College  of Osteopathic Medicine, AS, melakukan penelitian terhadap seekor burung elegant-crested tinamous (yang warna bulunya hampir seperti burung puyuh). Mereka ingin mengetahui, apakah gerakan kepala terkait dengan gerakan kaki.

Tim ini menemukan bahwa saat burung ini berlari semakin cepat, anggukan ini tak terjadi. Satwa ini berlari dengan kepala menjulur ke depan, dan hal yang sama juga terjadi pada burung merpati. Uniknya ternyata anggukan dan gerakan kaki tak terkoordinasi dengan baik selama penelitian dilakukan.

Saat bergerak perlahan, langkah yang kebetulan sama dengan mulainya anggukan terjadi lebih lama. Hal ini dilakukan untuk memperhalus langkah kaki sementara gambar distabilkan di retina.

Penelitian menunjukkan tak ada hubungan antara anggukan kepala dengan pergerakan kaki, seperti yang selama ini diperkirakan orang. Bahkan, Hancock dan para koleganya menemukan bahwa pergerakan satwa ini justru terhalang oleh anggukan kepala, atau oleh keterbatasan visual yang memicu anggukan.

Sumber: National Geographics
 

Baca:   Cara melatih pleci bersuara lantang

Related Articles

Jenis-jenis burung murai batu ekor hitam / blacktail

Beberapa tahun yang lalu, burung murai batu ekor hitam atau blacktail tidak banyak dilirik oleh sebagian besar penggemar burung di Indonesia. Banyak orang cenderung lebih memilih burung murai batu biasa yang berasal dari Sumatera bagaimanapun bentuknya. Tapi kini, burung murai batu ekor hitam menjadi spesies murai batu yang banyak dicari oleh penggemar burung.  Bahkan dalam […]
Read more

Si cantik amadine yang menggoda untuk ditangkarkan

Gould amadine yang dikenal dengan julukan The most beautifull finch in the world merupakan burung yang paling banyak penggemarnya. Warna-warna tubuhnya yang indah mengundang banyak orang untuk berusaha menyilangkan burung finch cantik ini untuk mendapatkan campuran warna yang lebih indah dipandang. Burung yang memiliki nama latin Chloebia gouldiae ini ditemukan pertama kalinya di Australia utara, […]
Read more

Cara melatih pleci bersuara lantang

Merawat dan memelihara burung pleci adalah satu hal yang butuh kesabaran dan penanganan khusus agar burung plecinya itu mau rajin berkicau. Bahkan beberapa trik-trik pun harus diterapkan yang bisa merangsang burung pleci mau bersuara lebih lantang. Selama ini pleci yang memiliki suara yang keras dan kencang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pleci mania […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?