Resep joss merawat cendet mabung

Merawat cendet mabung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya, hanya saja di sini kita lebih berfokus pada pakan hariannya. Hal tersebut agar proses mabung bisa berjalan dengan serentak atau mabung total, sehingga proses mabung ini bisa berjalan lebih sempurna dan tanpa gangguan.


merawat cendet mabung

Secara umum tanda-tanda burung cendet mabung, bisa diperhatikan dari beberapa kondisi sebagai berikut: 

  • Burung yang mulai jarang berkicau atau berhenti berkicau sama sekali. 
  • Bulu-bulu burung yang mulai kering dan mudah rusak.
  • Adanya bulu-bulu halus yang berserakan di dasar sangkar hariannya.

Jika anda melihat kondisi seperti tersebut di atas, maka persiapkanlah untuk mulai memberlakukan perawatan mabung pada burung anda. 

Perawatan mabung pada burung cendet bisa dimulai dengan menambahkan pakan / voer ayam broiler (BR 1) ke dalam voer yang biasa diberikan pada burung, dengan perbandingan 50:50 saja.

Selain itu, pemberian pakan tambahan seperti ulat hongkong bisa diberikan lebih banyak dari biasanya, contohnya ulat hongkong diberikan sebanyak 5-10 ekor pada pagi dan sore hari. 

Kroto bisa diberikan setiap hari sebanyak satu sendok makan.

Full kerodong bisa dilakukan pada tahap-tahap awal proses mabung burung. 

Pemberian mandi dan jemur untuk sementara dihentikan selama bulu-bulu burung masih berjatuhan atau rontok bulu. Setelah burung mulai menumbuhkan bulu baru maka porsi mandi bisa diberikan lebih banyak dari biasanya, misalnya dua – tiga kali sehari. 

Hindari mempertemukan dengan burung sejenis, agar burung tidak terlalu mengeluarkan energi yang tidak perlu. 

Dengan perawatan yang rutin, masa mabung burung cendet akan berjalan lebih cepat dan tanpa gangguan, sehingga dalam dua – tiga bulan , bulu-bulu baru sudah tumbuh kembali, Sehingga burung bisa kembali tampil lebih maksimal. 


More from my site

Baca:   Murai Batu Pedrosa yang sempat diacuhkan kini jadi Juara Nasional

Related Articles

lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. More from my siteCara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek […]
Read more

Tips untuk anis kembang macet bunyi

Tips perawatan anis kembang yang macet bunyi ini bisa di aplikasikan pada burung punglor lainnya termasuk juga anis merah maupun anis macan, lantaran burung – burung tersebut memiliki karakter yang sama dan sifat yang tidak jauh berbeda.  Namun, sebelum menerapkan metode berikut, sebaiknya burung anis yang anda miliki memang benar-benar macet bunyi yang sebelumnya memang […]
Read more

Merawat burung branjangan yang macet bunyi

Memelihara burung kicauan tidak terlepas dari kondisi burung yang sewaktu-waktu bisa berubah, misalnya burung yang tadinya rajin bunyi atau gacor mendadak menjadi macet bunyi. Hal tersebut bisa berlaku pada semua jenis burung kicauan, termasuk juga burung branjangan. Lalu bagaimana merawat burung branjangan yang macet bunyi? Berikut beberapa bentuk perawatan burung branjangan yang macet bunyi.  Idealnya […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?