Perawatan dan membuat trucukan rajin berbunyi

Trucukan atau di daerah Jawa Barat dikenal sebagai burung jog-jog memang cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain murah meriah, suara kicauan burung trucukan ini juga banyak di manfaatkan untuk melatih burung cucak rawa mengeluarkan suara ropelannya. Selain itu, burung trucukan ini pun memiliki gaya yang khas yagn disebut dengan gaya Garuda. Lalu bagaimana cara membuat burung trucukan rajin berbunyi.

trucukan


Agar burung mau bersuara dengan rajin, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperbaiki pola perawatan hariannya. Dengan perawatan yang tepat, dan rutin serta konsisten, maka akan didapatkan burung yang rajin berbunyi . 

Perawatan harian burung trucukan tidak lepas dari pakan dan perawatan tambahan lainnya, seperti mandi, jemur, dan menjaga kebersihan sangkarnya. Berikut beberapa perawatan sederhana tetapi cukup efektif untuk membuat burung truuckan mau rajin berbunyi. 

1. Mandi
Burung trucukan dikenal sangat menyukai mandi, terutama pada pagi hari dan siang hari. Karena itu siapkan bak mandi kecil yang bisa dimasukkan ke dalam sangkarnya agar burung tersebut bisa mandi ke dalam bak mandi tersebut, atau jika burung terbiasa di semprot maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan sprayer untuk memandikan burung. 

2. Menjaga kebersihan
Hal paling penting dalam perawatan semua jenis burung kicauan adalah menjaga kebersihan sangkar, tempat makan dan tempat minumnya. Sangkar yang bersih akan membuat burung lebih aktif, lincah yang membuatnya lebih rajin berbunyi.

3. Memberi pakan yang tepat.
Burung trucukan adalah burung yang menyukai buah-buahan dan serangga. Berikan makanan tersebut setiap harinya, terutama untuk jenis buah-buahan. 
Selain dari pakan buah dan serangga, anda juga bisa membuat sendiri resep makanan khusus yang bisa merangsang burung untuk lebih rajin berkicau. Untuk resep tersebut, akan dijelaskan pada di bawah ini. 

4. Memberi teman 
Burung trucukan termasuk burung koloni seperti juga burung pleci, karena itu salah satu memancing burung agar lebih rajin berbunyi adalah dengan menambah burung trucukan yang anda pelihara, dengan demikian mereka akan saling sahut-sahutan yang semakin keras dan berambah rajin setiap harinya.  Selain itu juga bisa memancing burung untuk menunjukkan gaya garudanya yang khas.

Berikut resep makanan untuk burung trucukan agar rajin berbunyi:

Bahan-bahan:

  • 1/2 potong buah apel merah segar
  • 2 sendok teh kroto segar

Cara membuat

  • Buah apel di parut dengan menggunakan parutan, lalu hasil parutannya itu disaring / diperas untuk dibuang airnya. 
  • Ampasnya kemudian dicampur dengan kroto lalu diaduk hingga merata. 
  • Setelah itu bisa diberikan pada burung setiap harinya. 


Baca:   Inilah 12 jenis burung srigunting di Indonesia

Related Articles

Cara melatih pleci bersuara lantang

Merawat dan memelihara burung pleci adalah satu hal yang butuh kesabaran dan penanganan khusus agar burung plecinya itu mau rajin berkicau. Bahkan beberapa trik-trik pun harus diterapkan yang bisa merangsang burung pleci mau bersuara lebih lantang. Selama ini pleci yang memiliki suara yang keras dan kencang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pleci mania […]
Read more

Fosil burung terbesar di dunia berhasil diidentifikasi

Fosil burung yang telah berusia lebih dari 25 juta tahun lalu berhasil diidentifikasi oleh para peneliti dari Amerika Serikat, dan dianggap sebagai fosil dari burung terbesar di dunia sepanjang sejarah. Fosil yang untuk pertama kalinya digali 30 tahun lalu di Negara Bagian South Carolina, Amerika Serikat itu memiliki rentang sayap yang mencapai 61, meter hingga […]
Read more

Tips merawat anakan burung cekakak

Meski bukan termasuk burung langka, namun burung cekakak adalah jenis burung yang dilindungi. Populasinya terus menipis lantaran rusaknya habitat mereka, selain dari perburuan liar menggunakan senapan angin, kandang jebakan atau lem pulut. Meski begitu banyak juga orang yang berburu anakan burung cekakak untuk tujuan dipelihara dan setelah dewasa burung tersebut bisa dimanfaatkan sebagai burung masteran. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?