Cucak wilis si burung murah meriah yang cerewet

Cucak wilis atau rengganis selama ini hanya dipandang sebelah mata saja oleh para penggemar burung kicauan di Indonesia. Padahal burung ini memiliki suara kicauan yang tak kalah merdunya dengan burung sejenis lainnya seperti cucak kutilang, kutilang sutra, kutilang emas atau bahkan kutilang jambul. Meski dihargai cukup murah, tapi cucak wilis adalah burung yang sangat cerewet.

Gabung yuk dengan kami di Instagram
merawat cucak wilis hingga gacor



Perawatan cucak wilis terbilang cukup mudah, jika burung ini didapatkan dalam kondisi masih bakalan atau dari ombyokan maka dalam waktu yang tidak terlalu lama akan mudah jinak dan cepat bersuara dengan rajinnya.

Perawatan cucak wilis agar rajin bunyi bisa dilakukan dengan menyediakan beberapa jenis pakan kesukaannya, dalam hal ini adalah buah-buahan segar yang diberikan setiap harinya. Buah-buahan seperti pepaya dan pisang adalah pakan favorit burung ini. Selain itu, sediakan pula pakan tambahannya seperti ulat hongkong yang diberikan sebanyak 3-5 ekor setiap hari. Pemberian pakan-pakan tersebut akan menjadikan burung cucak wilis semakin rajin berbunyi.


Selain perawatan dari segi pemberian pakan, cucak wilis juga dikenal sangat suka mandi sehingga air minum yang berada dalam cepuk minumnya harus selalu diperiksa. Jika terlihat kotor maka segera ganti air minumnya dengan yang masih segar dan bersih. 

Membedakan jenis kelamin burung cucak wilis bisa dilihat pada alis matanya, pada burung jantan alis matanya berwarna oranye sedangkan pada burung betina alis matanya berwarna kuning, cukup tipis memang perbedaannya.

Semoga bermanfaat

BACA JUGA  Ayo buat cucak jenggot cerewet

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here