Cucak wilis si burung murah meriah yang cerewet

Cucak wilis atau rengganis selama ini hanya dipandang sebelah mata saja oleh para penggemar burung kicauan di Indonesia. Padahal burung ini memiliki suara kicauan yang tak kalah merdunya dengan burung sejenis lainnya seperti cucak kutilang, kutilang sutra, kutilang emas atau bahkan kutilang jambul. Meski dihargai cukup murah, tapi cucak wilis adalah burung yang sangat cerewet.

merawat cucak wilis hingga gacor



Perawatan cucak wilis terbilang cukup mudah, jika burung ini didapatkan dalam kondisi masih bakalan atau dari ombyokan maka dalam waktu yang tidak terlalu lama akan mudah jinak dan cepat bersuara dengan rajinnya.

Perawatan cucak wilis agar rajin bunyi bisa dilakukan dengan menyediakan beberapa jenis pakan kesukaannya, dalam hal ini adalah buah-buahan segar yang diberikan setiap harinya. Buah-buahan seperti pepaya dan pisang adalah pakan favorit burung ini. Selain itu, sediakan pula pakan tambahannya seperti ulat hongkong yang diberikan sebanyak 3-5 ekor setiap hari. Pemberian pakan-pakan tersebut akan menjadikan burung cucak wilis semakin rajin berbunyi.


Selain perawatan dari segi pemberian pakan, cucak wilis juga dikenal sangat suka mandi sehingga air minum yang berada dalam cepuk minumnya harus selalu diperiksa. Jika terlihat kotor maka segera ganti air minumnya dengan yang masih segar dan bersih. 

Membedakan jenis kelamin burung cucak wilis bisa dilihat pada alis matanya, pada burung jantan alis matanya berwarna oranye sedangkan pada burung betina alis matanya berwarna kuning, cukup tipis memang perbedaannya.

Semoga bermanfaat

Baca:   Inilah 12 jenis burung srigunting di Indonesia

Related Articles

Resep joss merawat cendet mabung

Merawat cendet mabung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya, hanya saja di sini kita lebih berfokus pada pakan hariannya. Hal tersebut agar proses mabung bisa berjalan dengan serentak atau mabung total, sehingga proses mabung ini bisa berjalan lebih sempurna dan tanpa gangguan. Secara umum tanda-tanda burung cendet mabung, bisa diperhatikan dari beberapa […]
Read more
lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Cara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunPenyebab […]
Read more

Kenari Japan Hoso

Bagi anda yang baru mendengar kenari jenis Hoso Jepang atau Japan Hoso, kenari ini merupakan kenari silangan yang dilakukan para penangkar kenari di Jepang dengan menyilangkan kenasi Scoth-Fancy dengan kenari lokal mereka. Pada awalnya para penangkar ini ingin menciptakan varietas Kenari Postur yang lebih baru dan akhirnya dikenal dengan nama Japan Hoso. Pada masa-masa pertama […]
Read more

One thought on “Cucak wilis si burung murah meriah yang cerewet

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?