Mengenal kenari paruh merah ( Red-beak Canary )

Bagi anda pecinta kenari mungkin sudah pernah atau sering mendengar dan melihat kenari merah atau kenari red faktor, tapi pernahkah anda mendengar sebutan kenari paruh merah atau Red-beak Canary ?

Kenari paruh merah sebenarnya pernah populer sebagai kenari hasil mutasi pada jaman dahulu, dimana hasil mutasi ini tidak hanya memunculkan pigmen merah pada bagian paruhnya tetapi juga perubahan warna yang terdapat pada kaki ,cakar , kuku dan juga bagian dalam dari kaki yang berubah menjadi berwarna oranye dengan bulu bulu yang lebih lembut dan penuh pigmen sampai ujungnya.

Perbedaan kenari paruh merah Red Beak dengan kenari merah  Red Factor

Pengenalan kenari paruh merah hasil mutasi ini dimulai pada pertengahan abad ke 20 di berbagai negara di Eropa seperti Belgia dan Belanda yang dibawa ke Spanyol, dan Amerika Serikat, yang kemudian dikenalkan di Amerika Selatan.

Pada awalnya para peternak memiliki banyak masalah dengan burung hasil mutasi ini, terutama masalah serius di dalam kesehatannya, seperti burung yang memiliki masalah kelainan saraf  yang mengakibatkan munculnya gerakan-gerakan yang tidak terkontrol, kebutaan, juga berbagai masalah dengan pigmen merah intensive buatan seperti caropyll .

Baca:   Kenari sakit pernafasan? Ini cara mengatasinya

Akibat banyaknya masalah tersebut, mengakibatkab burung kenari jenis ini menjadi tidak begitu populer dan hanya beberapa atau sebagian kecil peternak saja yang mau berusaha keras untuk bisa mendapatkan kenari mutasi yang sempurna.

Seperti yang sekarang ini coba dipopulerkan di Spanyol dan Urugai dengan nama kenari urucum ( canary urucum ) yang juga disebut mutasi “annatto” ( annatto adalah sebuah nama tanaman asli brasil (bixa orellana) benih buahnya ini yang berwarna merah kerap digunakan oleh orang indian melukis kulit dalam berbagai ritualnya).

Kenari paruh merah atau red beak canary atau juga kenari urucum atau kenari annatto merupakan salah satu hasil mutasi yang bisa dibilang yang mampu memberikan keindahan warna pada kulit, bulu dan paruh secara merata.

Baca:   Tips membeli burung anis kembang

Akan tetapi karena kekurangannya tersebut kenari ini menjadi kurang begitu populer untuk dikembang biakan secara lebih luas. 

Semoga informasi tambahan ini bisa berguna sebagai bahan pengetahuan bagi anda khususnya pecinta kenari warna.


Salam Kicau!

Related Articles

Mengatasi kenari yang ngeriwik saja dengan daun binahong

Kenari yang semula rajin bunyi/gacor kemudian berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh burung yang kurang kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beragam terapi untuk mendukung pemulihan kondisinya. Salah satu terapi perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun binahong. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Baca:   Mengenali kriteria burung cucak jenggot […]
Read more

Kesalahan dalam merawat lovebird paud

Merawat lovebird yang masih muda / paud bukanlah perkara mudah, apalagi untuk menjadikannya bisa ngekek panjang dan berprestasi. Kunci agar lovebird paud bisa tampil dengan maksimal adalah melakukan perawatan yang tepat dan konsisten. Namun tak sedikit orang yang tanpa sadar telah melakukan beberapa kesalahan dalam perawatannya, sehingga burung tidak bisa tampil seperti yang diharapkan. Untuk […]
Read more
settingan lovebird single fighter kandang kotak

Settingan lovebird single fighter di kandang kotak

Perawatan lovebird single fighter (SF) dengan menggunakan sangkar kotak umum dilakukan untuk menjaga kestabilan birahinya. Selain itu, ruang geraknya juga menjadi lebih luas sehingga menjadikan burung lebih aktif dan terjaga kondisinya. Baca:   Pengembunan bisa percepat burung ngeplong
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by