maxresdefault 1

Mengenal kenari paruh merah ( Red-beak Canary )

Bagi anda pecinta kenari mungkin sudah pernah atau sering mendengar dan melihat kenari merah atau kenari red faktor, tapi pernahkah anda mendengar sebutan kenari paruh merah atau Red-beak Canary ?

Kenari paruh merah sebenarnya pernah populer sebagai kenari hasil mutasi pada jaman dahulu, dimana hasil mutasi ini tidak hanya memunculkan pigmen merah pada bagian paruhnya tetapi juga perubahan warna yang terdapat pada kaki ,cakar , kuku dan juga bagian dalam dari kaki yang berubah menjadi berwarna oranye dengan bulu bulu yang lebih lembut dan penuh pigmen sampai ujungnya.

SCrfrosted
Perbedaan kenari paruh merah Red Beak dengan kenari merah  Red Factor

Pengenalan kenari paruh merah hasil mutasi ini dimulai pada pertengahan abad ke 20 di berbagai negara di Eropa seperti Belgia dan Belanda yang dibawa ke Spanyol, dan Amerika Serikat, yang kemudian dikenalkan di Amerika Selatan.

Pada awalnya para peternak memiliki banyak masalah dengan burung hasil mutasi ini, terutama masalah serius di dalam kesehatannya, seperti burung yang memiliki masalah kelainan saraf  yang mengakibatkan munculnya gerakan-gerakan yang tidak terkontrol, kebutaan, juga berbagai masalah dengan pigmen merah intensive buatan seperti caropyll .

Baca:   Perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek

Akibat banyaknya masalah tersebut, mengakibatkab burung kenari jenis ini menjadi tidak begitu populer dan hanya beberapa atau sebagian kecil peternak saja yang mau berusaha keras untuk bisa mendapatkan kenari mutasi yang sempurna.

Seperti yang sekarang ini coba dipopulerkan di Spanyol dan Urugai dengan nama kenari urucum ( canary urucum ) yang juga disebut mutasi “annatto” ( annatto adalah sebuah nama tanaman asli brasil (bixa orellana) benih buahnya ini yang berwarna merah kerap digunakan oleh orang indian melukis kulit dalam berbagai ritualnya).

Kenari paruh merah atau red beak canary atau juga kenari urucum atau kenari annatto merupakan salah satu hasil mutasi yang bisa dibilang yang mampu memberikan keindahan warna pada kulit, bulu dan paruh secara merata.

Baca:   Akibat pemanasan global burung-burung mulai naik gunung

Akan tetapi karena kekurangannya tersebut kenari ini menjadi kurang begitu populer untuk dikembang biakan secara lebih luas. 

Semoga informasi tambahan ini bisa berguna sebagai bahan pengetahuan bagi anda khususnya pecinta kenari warna.


Salam Kicau!

Related Articles

cucak hijau birahi

Cara mengatasi cucak hijau yang over birahi

Over birahi adalah kondisi ketika burung menunjukkan perilaku yang tidak biasanya. Jika kondisi ini dialami oleh burung cucak hijau, maka ia akan mudah sekali berperilaku agresif, jarang bunyi, termasuk juga kerap mencabuti bulunya sendiri atau kanibal. Untuk menanganinya, berikut cara mengatasi cucak hijau yang over birahi. Solusi jika cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkanTips […]
Read more

Cara melatih pleci bersuara lantang

Merawat dan memelihara burung pleci adalah satu hal yang butuh kesabaran dan penanganan khusus agar burung plecinya itu mau rajin berkicau. Bahkan beberapa trik-trik pun harus diterapkan yang bisa merangsang burung pleci mau bersuara lebih lantang. Selama ini pleci yang memiliki suara yang keras dan kencang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pleci mania […]
Read more

Settingan kerodong lovebird rajin ngekek

Kain kerodong biasanya digunakan untuk mencegah paparan angin maupun menenangkan burung selama di perjalanan atau ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Namun demikian, ternyata kerodong juga bisa difungsikan sebagai media terapi, khususnya untuk menjadikan lovebird makin rajin ngekek. Tips mencari settingan lovebird ombyokan prospekTips dan settingan lovebird ngekek jeda rapatIni ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settinganTips settingan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?