Tips untuk anis kembang macet bunyi

images?q=tbn:ANd9GcTJDCc eMMhtj6BPNFMJTfuvW34QVIuyy8zEaRvs9mF74kIjlqu

Tips perawatan anis kembang yang macet bunyi ini bisa di aplikasikan pada burung punglor lainnya termasuk juga anis merah maupun anis macan, lantaran burung – burung tersebut memiliki karakter yang sama dan sifat yang tidak jauh berbeda.  Namun, sebelum menerapkan metode berikut, sebaiknya burung anis yang anda miliki memang benar-benar macet bunyi yang sebelumnya memang pernah berbunyi dan bukan burung yang masih bahan atau bakalan, sebab tips berikut adalah untuk mengembalikan Top Form dari burung yang macet yang disebabkan oleh kurang kondisi atau sebab lainnya.

Burung punglor yang macet bunyi tersebut bisa diberikan beberapa metode terapi sebagai berikut :

  • Burung Anis Kembang yang macet ini sebisa mungkin dijauhkan dari burung anis kembang betina dan juga burung lain apalagi yang gacor, dalam artian burung kita karantina dan simpan ditempat yang sejuk dan tenang.
  • Berikan Makanan Tambahan seperti Jangkrik dengan porsi 3/4 saja Pagi dan Sore tergantung kemampuan burung.
  • Pada pagi harinya sewaktu burung diembunkan , berikan cacing tanah satu ekor, dan pada pagi harinya berikan kroto segar satu sendok teh saja.
  • Setelah pengembunan bisa diberikan mandi pagi lalu diangin-anginkan sebentar lalu dijemur dengan waktu tidak lebih dari setengah jam saja dan setelah itu kembali digantung ditempat yang tenang tadi, pada sore harinya burung anis kembang tersebut bisa dimandikan kembali jika cuaca mendukung, misalnya tidak hujan pada sore harinya.
  • Buah segar diberikan setiap hari dengan, dan akan lebih bagus jika buah-buahan tersebut dicampurkan dan disatukan dalam satu wadah makannya, misalnya dengan menampurkan irisan apel, pisang, jeruk, buah naga, pepaya, dan lain lain kedalam satu wadah sehingga protein tambahan dari buah-buahan tersebut bisa lebih bervariasi dibanding dengan memberikan satu potong buah saja yang digantung.
  • Sering digoda untuk memancing birahi burung, misalnya dengan meniru suara burung betina atau memutar suara burung anis kembang betina.
  • Salah satu tips yang sering kali berhasil adalah mengembunkan burung dengan cara menggantung sangkar di dahan pohon rindang, bisa dihalaman rumah atau bisa juga dikebun tetangga ( hehehe)
  • Berikan Mandi malam lalu diangin-anginkan dan saat diangin-anginkan tersebut burung bisa diberikan Cacing tanah satu ekor yang sudah dipotong tiga bagian. setelah bulu kering burung bisa dikerodong kembali dan dibiarkan istirahat hingga pagi hari untuk kembali diembunkan.


Dengan perawatan yang teratur dan konsisten, burung anis kembang yang macet tersebut diyakini bisa kembali menuju Top Formnya dan akhirnya bisa kembali bersuara lantang mengerollkan segala kemampuan dan isiannya untuk menyenangkan hati pemiliknya. 


Demikian tips singkat ini semoga bisa bermanfaat untuk kicau mania yang memiliki burung anis kembang yang kebetulan sedang macet atau hanya ngeriwik saja.

Baca:   Cara membedakan burung cucak jenggot jantan dan betina

Related Articles

Elang Jawa, kisah Garuda di alam nyata

Jika ada spesies burung yang disebut-sebut menjadi inspirasi dari lambang negara Indonesia maka elang jawa (Nisaetus bartelsi)  atau javan hawk-eagle merupakan sosok paling meyakinkan dari Sang Garuda. Sosoknya yang gagah dengan jambul panjang di bagian belakang kepala membuat elang jawa kerap diidentikkan dengan garuda. Dalam Kitab Adiparwa diceritakan bahwa garuda merupakan burung gagah berani yang […]
Read more

Menariknya suara kicauan merbah gunung

Burung merbah adalah spesies burung yang termasuk dalam keluarga Pycnonotidae, dan merupakan jenis burung yang paling umum di temukan di Indonesia. Perawatannya yang mudah dan suara kicauannya yang cukup merdu mampu memikat hati penggemar burung di Indonesia untuk memeliharanya. Ada banyak jenis burung dari pycnonotidae ini yang cukup populer sebagai burung peliharaan, termasuk juga burung […]
Read more

Seputar Anis Kembang

Karakter Dasar Burung Anis Kembang Sangat sensitif dan butuh waktu untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan. Perlakuan yang kasar, perubahan lingkungan yang drastis, akan membuat burung Anis Kembang menjadi stress. Pembosan dan selalu butuh suasana baru. kalau berada di satu tempat dengan waktu yang lama, maka burung malas untuk berkicau lagi. Cobalah secara berkala memindahkan tempat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?