Asyiknya wisata sambil diserang burung

NORTH%20NEWS%20&%20PICTURES%20burung%202

Inggris – Apakah anda pernah mengalami diserang seekor burung? Di Pulau Farne, diserang sekawanan burung justru menjadi wisata unik yang digemar para wisatawan. Mengapa demikian?

Pulau Farne adalah sebuah pulau terpencil di kawasan Teluk Northumberland, Inggris. Pulau itu adalah satu dari 20 pulau di sana yang menjadi rumah bagi anjing laut dan koloni burung laut.  
Nah, Pulau Farne termasuk tempat yang dilindungi keberadaannya  oleh National Trust Ranger. Keunikan pulau ini membuatnya menjadi daerah kunjungan wisata di Northumberland.

Begitu mendarat di Pulau Farne, wisatawan akan diserang oleh kawanan burung berwarna putih. Hewan-hewan itu tidak segan untuk mengejar, mematuk atau bertengger di kepala wisatawan yang datang. Tidak jarang para burung menjatuhkan “pup” mereka ke tubuh wisatawan.

NORTH%20NEWS%20&%20PICTURES%20burung

Meskipun diserang dan diberi hadiah “pup”, para wisatawan menyenanginya. Mereka juga sibuk memotret aksi para burung. Tidak jarang kamera itu pun ikut dipatuki oleh burung. Aksi para burung itu tidak membuat para wisatawan takut, sebaliknya mereka terlihat gembira sekali.
Lalu, mengapa para burung selalu menyerbu wisatwan yang datang, ya? ternyata perilaku burung itu hanya untuk melindungi telur, sarang, dan anak burung yang baru menetas. Kawanan burung itu tidak mau manusia mencelakakan mereka.

Menurut petugas di Pulau Farne, kebanyakan sarang burung itu berada di dekat jalan setapak bagi para wisatawan. Karena itu, burung-burung sangat curiga bila ada yang mendekati sarang mereka. 

Tidak jarang para petugas yang mengusir burung camar, juga ikut diserang atau diberi hadiah “pup”. Padahal mereka sebenarnya membantu melindungi anak-anak burung itu dari serangan burung camar yang menjadi pemangsa. 

Wisata serangan burung ini, mirip dengan kisah dalam film buatan sutradara terkenal Alfred Hitchcook, The Birds. Film klasik buatan tahun 1963 itu berkisah serangan kawanan burung di Teluk Bodega, California. Burung-burung secara misterius menyerang manusia dan hewan apapun yang ada di sana.

Salam kicau.

Baca:   Rawatan dan pemilihan bahan anis kembang

Related Articles

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more

Penampakan punai pengantin di Kampus IPB Dramaga

Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) Fakultas Kehutanan IPB kembali menemukan spesies baru dari burung (aves) yang menghuni Kampus IPB Dramaga. Usai menemukan katak dan ular jenis baru pada monitoring sebelumnya, kali ini tim kembali menemukan burung berjenis Punai Pengantin alias Treron griseicauda.   Punai pengantin – Grey-cheeked pigeon  Sejak 2005, Himakova yang […]
Read more

Mengenal burung serindit

Serindit (Bahasa Latin : Loriculus, Eng:Hanging Parrot) adalah burung-burung dalam genus burung paruh-bengkok Loriculus. Burung-burung ini berukuran kecil dan tersebar di hutan tropis di Asia Tenggara. Burung ini kerap dicari untuk memaster burung seperti Anis Merah, Muray Batu , Cendet bahkan Lovebird Merawat burung yang satu ini tidak terlalu sulit. Untuk makanannya cukup diberikan jenis […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?