sickbird 1 1

Mendeteksi burung yang sakit

burung sakit
Burung merupakan hewan yang rentan terhadap kematian jika dibandingkan hewan mamalia, pada umumnya burung yang sakit dengan gejala tidak mau makan lebih dari satu hari saja akan berujung pada kematian jika tidak segera mendapat pertolongan pertama. 

Mendeteksi burung yang sakit secara dini merupakan hal yang sangat penting agar nyawa burung dapat diselamatkan. 

Gejala awal burung yang sakit adalah mulai malas atau berhenti berkicau, nafsu makan berkurang dan raut muka nampak lesu. Jika burung anda mengalami gejala seperti itu, maka burung anda harus segera mandapat pengobatan atau dibawa ke dokter hewan. 


Burung yang sakit dengan gejala TIDAK MAU MAKAN, harus segera mendapat tindakan sebagai berikut :

Burung diletakan pada tempat atau ruangan yang tenang dan tersendiri

Baca:   Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi (Kosong), Apa Solusinya?
  • Dalam sangkar diberikan lampu 10-15 watt sehingga suhu ruangan/sangkar sekitar 33-35 C
  • Untuk burung pemakan serangga dapat disuapi dengan telur rebus yang dipotong-potong, atau dengan serangga jangkrik, kroto, ulat hongkong atau dengan buah-buahan. Burung diberi obat BERAK KAPUR sesuai dengan aturan pakai. 
  • Untuk burung kenari, perlu di suapi dengan bubur bayi beras merah dicampur kuning telur rebus dan diberi obat LESU. Jika kenari tiba-tiba tidak mau berkicau dan burung tersebut masih mau makan telur maka perlu diberi obat KURUS sesuai dengan aturan pakai. 
  • Agar kondisi badan cepat pulih burung yang sakit harus disuapi tiap 2 jam sekali atau minimal 3x sehari. 


TANDA-TANDA BURUNG SAKIT

Burung yang sakit ditandai dengan gejala :

Baca:   Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lomba
tiba-tiba tidak mau berkicau meski nafsu makannya masih baik, malas berkicau, suara serak, atau putus-putus, batuk-batuk, nafas terdengar kmeresek, bulu tidak bisa rontok, nyulam, lesu, nafsu makan berkurang/tidak mau makan sama sekali, bulu mengembang, kurus, kaki diangkat-angkat.

Related Articles

mandi lovebird

Cara memandikan lovebird yang benar

Mandi menjadi rutinitas penting yang tidak bisa dipisahkan dari perawatan burung ocehan. Selain bisa membersihkan bulu dari debu dan kotoran, mandi juga bisa membantu mengurangi gatal. Sebagai panduan, simak cara memandikan lovebird yang benar berikut ini.  Cara setting lovebird lomba malamKesalahan dalam merawat lovebird paudSettingan lovebird paruh merahCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarCara […]
Read more
lovebird ngekek

Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik

Permasalahan lovebird yang cenderung ngetik dan jarang bersuara ngekek tak hanya terjadi di rumah saja tapi juga lebih sering muncul ketika burung sedang dilombakan. Berikut penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik. Tujuh penyebab lovebird ngetikCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarCara pemberian plangkringan lovebird yg benarIni alasan kenapa lovebird anda sering kalah lombaCara menjadikan […]
Read more
melatih mental cendet

Cara melatih cendet agar fighter dan bongkar isian

Tidak berbeda dengan jenis ocehan popular seperti kacer atau cucak ijo, cendet mempunyai kemampuan menirukan suara kicauan yang sangat baik. Hal ini pula yang menjadikan banyak kicaumania begitu tertarik memeliharanya, baik untuk kelangenan maupun dilombakan. Inilah ciri-ciri cendet siap lombaTips melatih cendet agar gacor dan bermental tempurCiri-ciri cendet anakan/trotolan jantanCara latih cendet agar nagen di […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?