Makanan yang tepat untuk cockatiel

Bicara tentang burung cockatiel atau palk yang lazim disebut parkit australia, ternyata masih banyak juga kicau mania yang bingung dengan makanan apa yang harus diberikan pada burung tersebut.
sebagai panduan bagi anda yang berniat memiliki burung tersebut, disini akan saya sampaikan beberapa makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung cockatiel.

MAKANAN YANG BAIK UNTUK COCKATIEL
Faktor yang penting tentang perawatan burung cocktail ini adalah mempertimbangkan tentang asupan gizi dalam pemberian makanan untuk cockatiel.
Seperti yang diketahui bahawa burung ini dikenal sangat pemilih dalam memilih makanannya sehingga sangatlah penting untuk tidak memaksakan cockatiel untuk memakan yang apa tidak diinginkannya.  jika burung hanya senang makanan lain diluar dari biji-bijian maka hal itu tidak menjadi masalah selama anda memberikan variasi pada makanannya tersebut.
Ketika memberikan makanan pada burung seperti buah atau sayuran, hal yang terbaik adalah mencincangnya kecil-kecil dan mencampurkannya dalam satu wadah, jadi dengan demikian mereka bisa memilih apa yang hendak dimakannya.

Baca:   Memilih air minum yang aman untuk burung peliharaan

Air Minum 
Berikan air minum yang sudah matang dan bersih dan usahakan diganti setiap harinya dengan wadah air minumnya yang juga dibersihkan untuk menghindari tumbuhnya lumut atau jamur yang bercampur dengan air minumnya.

Biji-Bijian
Cokatiel menyukai biji-bijian seperti millet putih, biji bunga matahari atau kwaci, dan biji-bijian lain yang sama seperti yang diberikan pada burung sejenis paruh bengkok lain seperti parkit dan lovebird.

Sayuran 
Berikan tauge atau kecambah, bayam, lobak hijau, brokoli, tomat, parutan wortel, ubi ubian, jagung dsb.

Buah-Buahan.
Mangga, Pepaya, Apel, Pisang, Anggur, Jeruk dan pastikan bahwa buah-buahan tersebut tidak diberikan bersama dengan biji-bijinya karena ada sebagian buah-buahan yang memiliki biji yang tidak baik jika dimakan oleh burung.

Baca:   Murai batu masih giras? Ini cara menjinakkannya

Nah, mudah-mudahan dengan panduan ini anda tidak lagi kebingungan dalam memberikan makanan yang tepat untuk burung cockatiel.

Related Articles

Penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya

Burung yang bondol atau kehilangan bulu ekor akan membuat penampilannya jadi kurang menarik. Biasanya, bulu ekor yang rontok disebabkan oleh burung yang sedang mabung, atau bisa juga karena sebab lain. Berikut penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya. More from my siteMengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasiMenyiapkan burung cucak jenggot untuk lombaMabung […]
Read more
rawatan lovebird paud ombyokan

Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba

Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba membutuhkan penanganan dengan penuh perhatian. Mulai dari pemberian pakan hingga perawatan harian lainnya, harus rutin dilakukan agar burung bisa terjaga kondisinya sepanjang hari. More from my siteTips settingan lovebird untulan agar jeda rapatTips dan cara menjinakkan lovebirdCara mengatasi lovebird yang sering menggigitCara Perawatan Lovebird Kena Snot, Ini Obatnya!Tips […]
Read more
pakan suplemen lovebird

Pakan dan suplemen agar lovebird rajin ngekek panjang

Memelihara burung lovebird supaya rajin bunyi dengan suara ngekeknya yang panjang tentu membutuhkan perawatan yang rutin dan teratur. Perawatan tersebut meliputi mandi, jemur, serta memberikannya pakan yang dibutuhkan. Tapi tahukah Anda? Dari semua rawatan yang umum itu, cara yang dianggap ampuh menjadikan lovebird bersuara ngekek panjang adalah memberikan pakan dan suplemen yang mengandung nutrisi tinggi. […]
Read more

3 thoughts on “Makanan yang tepat untuk cockatiel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?