Siulan nostalgia dari poksay hongkong

Poksay hongkong pipi putih atau poksay tompel adalah burung yang bersuara sangat merdu , kicauannya berupa siulan namun penuh variasi , tidak seperti burung kicau lainnya yang mampu melagukan nyanyian burung lainnya , burung poksay ini melagukan nyanyiannya dengan lagu lagu siulan yang berbeda dari burung kicau lainnya  sehingga suaranya terdengar merdu dan berirama.  
Pada sekitar tahun 90an hingga tahun 2000 burung poksay ini merajai hampir semua kelas kelas lomba disamping muray batu , Anis kembang, Anis Merah Branjangan dan hwamey. Banyak penggemar burung ini berkumpul untuk me’mentas’kan burung kesayangannya di lapangan , beradu joget dengan burung lainnya yang sejenis. 

Ciri khas dari poksay ini adalah tariannya yang memukau. meski bukan termasuk burung fighter tetapi burung ini akan langsung menunjukan eksistensinya dengan mengeluarkan tarian istimewanya untuk menyambut burung lain sejenis atau burung betina. 
Ada beberapa jenis poksay hongkong yang kita kenal: 
Poksay hongkong pipi putih / tompel putih 
Poksay hongkong pipi hitam / tompel hitam 
Poksay hongkong pipi hitam perbedaannya terlihat dari warna pipinya
dari kedua jenis poksay itu, poksay hongkong yang pipi putih lebih terkenal dikarenakan variasi suara dan gaya tariannya.  dari poksay hongkong pipi putih pulalah kita kenal yang namanya poksay lokal ( poksay yang ukuran tubuhnya lebih panjang dan langsing/kecil ) dan poksay super ( poksay yang ukuran tubuhnya lebih gemuk / bulat dan berbadan lebih besar dari poksay lokal ). 

–>

Membedakan Jenis kelamin dari burung ini sangatlah sulit dikarenakan bentuk dan warna yang sama baik jantan ataupun betinanya. tetapi kita bisa mendengar dari suara yang sering dikeluarkannya. burung betina biasanya kicauannya monoton atau tidak punya kicauan, hanya bersuara seperti memanggil ‘kurrrrr,,,,kurrrr,,kurrrr sedangkan jantan lebih bervariasi.

Perawatan harian 
Rawatan harian burung ini sangatlah mudah, cukup dengan memberikan buah buahan dan jangkrik setiap harinya burungpun akan langsung bernyanyi dengan merdunya. untuk mandi burung ini lebih senang hujan hujanan , jadi jika turun hujan yang tidak begitu deras di tempat anda maka gunakanlah untuk memandikan burung ini.  

Harga burung ini sudah sangat tinggi mungkin dikarenakan sempat menghilang selama puluhan tahun dikarenakan ditutupnya pintu masuk burung impor dari china ke indonesia membuat harga burung ini menjadi naik tinggi. meskipun begitu masih banyak juga yang mencari burung ini untuk sekedar nostalgia atau hadiah untuk keluarganya yang dulu pernah memelihara burung ini. 


More from my site

Baca:   Ini penyebab burung kenari tak mau bunyi

Related Articles

Beberapa sebab muray bakalan cepat matii

SERING kita jumpai para penghoby MB mengeluh “Murai yang baru saya beli kemaren setelah dirawat 3 hari mati” atau malahan sudah dirawat sebulan dan sudah mulai bunyi tiba tiba mati tanpa sebab yang jelas…..berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi umur pendek dari MB bakalan tersebut. 1. MB baru hasil tangkapan hutan cendrung mempunyai tingkat strees yang […]
Read more

Tips menghipnotis burung, unggas dan hewan lainnya

Hipnotis selama ini dikenal hanya ampuh pada makhluk yang bernama manusia saja, tapi tidak lagi karena ternyata tekhnik hipnotis ini juga bisa diterapkan kepada binatang peliharaan semisal Unggas, burung dan kelinci dan bukan tidak mungkin berlaku pada semua jenis binatang lainnya. Dengan menggunakan tekhnik hipnotis pada unggas ataupun binatang lainnya bisa mempermudah kita dalam proses […]
Read more

7 Burung eksotis indonesia yang mulai langka

Sebagai negara kepulauan yang tersebar dari sabang sampai merauke, tentulah membuat negara indonesia kaya akan sumber daya alam baik flora maupun faunanya, dan itu termasuk juga beberapa jenis burung – burung asli indonesia yang sangat eksotis dan mulai terancam punah oleh karena keindahannya.  Berikut ini adalah beberapa jenis burung eksotis indonesia yang sangat cantik dan […]
Read more

One thought on “Siulan nostalgia dari poksay hongkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?