Bagaimana membuat jebakan burung sederhana

Kalau menjebak menggunakan sangkar jebakan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kicau mania dan disini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat jebakan burung sederhana dengan menggunakan bahan bahan yang ada disekitar kita. Tapi ingat , ini hanyalah sebagai bahan pengetahuan saja buat anda semua , jangan digunakan untuk menangkap burung burung yang hampir punah. Sebagai seorang kicau mania kewajiban kita adalah menjaga keseimbangan alam, dan bagaimanapun cara-cara ini hanyalah salah satu bagian dari cara bertahan hidup di alam liar.



Jebakan Pertama 
Perangkap dengan menggunakan tali bersimpul yang diikat pada tiang kayu. 
Pasang perangkap ini dilokasi dimana burung sering terlihat turun ke tanah untuk mencari makannya. 
  1. Tajamkan kedua ujung dari kayu agar runcing dan ditancapkan ketanah setelah terlebih dahulu membuat lubang di bagian atas sebagai lubang masuk talinya.
  2. Potong tongkat sepanjang 6 inchi yang dimasukan kedalam lubang tersebut sebagai pengganjal dari tali dan juga sebagai pijakan untuk burung. 
  3. ikatkan batu pada ujung tali yang sudah melewati lubang terebut sementara ujung tali yang lain dibuat simpul jeratan dan diletakan dengan rapih pada tiang pijakan ( tangkiringan ).
  4. Tangkringan itu berfungsi untuk menahan batu agar tidak jatuh jadi masukan sedikit saja kayu tangkringan ke lobang tersebut, nanti begitu burung menginjaknya akan langsung terjatuh dan otomatis batu pun akan menarik simpul jerat yang kemudian akan mengikat kedua kaki si burung.  
Jebakan kedua 
Menggunakan batang pohon yang lentur yang di ikat dengan tali lalu dibengkokan dan dikaitkan dengan umpan . silahkan perhatikan bagaimana caranya dalam video berikut :


Jebakan ketiga

Sama seperti pada jebakan kedua , hanya saja disini dibuat sebuah tangkringan dan di pasang di batang pohon dengan demikian begitu burung menginjak tangkringan akan langsung terjerat. untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan video berikut : 


Semoga bermanfaat. 

Baca:   Settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Related Articles

Tips membersihkan sisik kaki yang tebal pada burung

Membersihkan sisik pada kaki burung memang sangat beresiko, terutama pada burung yang sudah mapan / jadi. dengan dicabutnya sisik kaki burung tersebut akan menimbulkan masalah baru pada burung yaitu stress dan kemurungan atau bahkan bisa membuat burung jinak menjadi giras. tetapi bagaimana jika burung terebut memiliki ring dikakinya dan jika didiamkan maka keberadaan ring tersebut […]
Read more

Tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi

Suara kicauan sirtu / cipoh yang merdu mengundang ketertarikan banyak kicaumania untuk memeliharanya. Meskipun termasuk jenis burung yang mudah dirawat, tapi untuk menjadikannya rajin bunyi tentu membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Berikut tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi. Baca:   Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina
Read more

Lima cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi

Bagi sebagian orang, perkutut adalah burung yang sangat istimewa. Bahkan tak sedikit yang memberikan perlakuan khusus hanya agar perkutut kesayangannya itu tambah rajin bunyi atau manggung. Nah, untuk panduan perawatan bagi pemula, simak lima cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi. Baca:   Tips gacorkan lovebird betina ngekek jeda rapat
Read more

4 thoughts on “Bagaimana membuat jebakan burung sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by