Bagaimana membuat jebakan burung sederhana

Kalau menjebak menggunakan sangkar jebakan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kicau mania dan disini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat jebakan burung sederhana dengan menggunakan bahan bahan yang ada disekitar kita. Tapi ingat , ini hanyalah sebagai bahan pengetahuan saja buat anda semua , jangan digunakan untuk menangkap burung burung yang hampir punah. Sebagai seorang kicau mania kewajiban kita adalah menjaga keseimbangan alam, dan bagaimanapun cara-cara ini hanyalah salah satu bagian dari cara bertahan hidup di alam liar.



Jebakan Pertama 
Perangkap dengan menggunakan tali bersimpul yang diikat pada tiang kayu. 
Pasang perangkap ini dilokasi dimana burung sering terlihat turun ke tanah untuk mencari makannya. 
survival skills 5
  1. Tajamkan kedua ujung dari kayu agar runcing dan ditancapkan ketanah setelah terlebih dahulu membuat lubang di bagian atas sebagai lubang masuk talinya.
  2. Potong tongkat sepanjang 6 inchi yang dimasukan kedalam lubang tersebut sebagai pengganjal dari tali dan juga sebagai pijakan untuk burung. 
  3. ikatkan batu pada ujung tali yang sudah melewati lubang terebut sementara ujung tali yang lain dibuat simpul jeratan dan diletakan dengan rapih pada tiang pijakan ( tangkiringan ).
  4. Tangkringan itu berfungsi untuk menahan batu agar tidak jatuh jadi masukan sedikit saja kayu tangkringan ke lobang tersebut, nanti begitu burung menginjaknya akan langsung terjatuh dan otomatis batu pun akan menarik simpul jerat yang kemudian akan mengikat kedua kaki si burung.  
Jebakan kedua 
Menggunakan batang pohon yang lentur yang di ikat dengan tali lalu dibengkokan dan dikaitkan dengan umpan . silahkan perhatikan bagaimana caranya dalam video berikut :


Jebakan ketiga

Sama seperti pada jebakan kedua , hanya saja disini dibuat sebuah tangkringan dan di pasang di batang pohon dengan demikian begitu burung menginjak tangkringan akan langsung terjerat. untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan video berikut : 


Semoga bermanfaat. 

Baca:   Empat jenis¬†pakan tambahan yang digunakan dalam ternak kenari

Related Articles

Penyebab ekor murai batu sering rusak dan cara mengatasinya

Murai batu dengan ekornya yang panjang menjadikan penampilannya makin eksotis, terlebih ketika bergerak ekornya akan melambai-lambai dengan elegan. Namun sering muncul berbagai permasalahan terkait ekor panjangnya itu, sehingga dibutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dari jenis burung piaraan lainnya. Cara mengatasi suara serak pada murai batuTips atasi murai batu kurang ngototCara mengatasi murai batu telat panas […]
Read more
melatih mental lovebird paud

Cara pemberian plangkringan lovebird yg benar

Tidak ada ukuran baku mengenai jenis dan ukuran plangkringan atau tangkringan yang digunakan oleh lovebird. Namun begitu, ada tata cara mengenai cara pemberian tangkringan lovebird yang benar, terutama agar burung tidak berperilaku nakal sewaktu dilombakan serta bisa tampil dengan lebih nagen ketika mengeluarkan suara ngekeknya.¬† Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetikTips gacorkan lovebird betina ngekek […]
Read more

Tips membersihkan sangkar yang bau menyengat

Kondisi sangkar yang berbau menyengat tentu akan membuat pemiliknya merasa terganggu, belum lagi pandangan orang-orang di rumah maupun sekitar. Burung yang menghuni sangkar itu pun akan merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatannya. Berikut tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat. Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basiMenyiapkan burung cucak jenggot […]
Read more

4 thoughts on “Bagaimana membuat jebakan burung sederhana

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?