Tips membedakan kenari jantan dan kenari betina

Meskipun menentukan jenis kelamin kenari bukan hal yang mudah dan mereka yang sudah berpengalaman pun banyak menemui kesulitan, tetapi ini ada tips yang bisa digunakan (tetapi bukan hal yang mutlak) dan cuma sebagai panduan umum saja dalam menentukan kenari jantan atau kenari betina.

  • Sejak usia 3 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju “ vent ( lubang angin / dubur ) dan akan menuju bagian depan dari “ vee “ yang ada dibagian depan “vent ,ini nampak pada burung kenari jantan yang masih muda. Tapi pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Walaupun pembuluh ini ada di seluruh kenari jantan , akan lebih baik jika menganalisanya sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.
  • Pada 5- 8 hari ,ambil semua anak-anak kenari yang terdapat pada sarang yang sama (satu indukan ) taruh
  • ke handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda. Yang melompat paling jauh
  • adalah kenari jantan. 
  • Lihatlah bagian tulang belakang mereka. Di sepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat. Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang. dengan cara itu bisa diidentifikasi.
  • Sebelum anaka-anak kenari tersebut berbulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih (datar).Untuk yang betina lebih bulat.
  • Sekitar usia 6 – 7 hari anak2 kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.

  • Ketika anak2 kenari diberi makan disarangnya oleh induknya .perhatikan tingkah laku anak2 tersebut. Yang berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan duluan itu berarti yang jantan. Yang betina kakinya lebih pendek makanya mereka tidak berdiri tinggi dan karenanya mereka diberi makan lebih sedikit dibanding yang jantan.

  • Usia 28- 30 hari beberapa kenari2 muda terlihat mempraktekkan suara mereka untuk berkicau dengan baik. Bukan yang paling awal berkicau itu yang terlihat paling baik, burung 2 tersebut hanya suka berlatih berkicau lebih awal saja.
  • Sekitar 5 bulan atau 5 bulan lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya dibagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.
  • Seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya ,kenari2 yang dicampur diantara kenari2 maka. Kenari betina akan duduk lebih rendah lebih dikarenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja.

 Untuk mengetahu bagaimana posisi pen atau dubur pada jantan dan betina bisa dengan cara melihat gambar berikut ini : 

 Pada gambar diatas terlihat disebelah kiri adalah gambar yang menunjukan kenari jantan, yang mana bisa terlihat dari pen yang tegak dan menonjol. sedangkan disebelah kanan adalah kenari betina yang terlihat dari pen nya yang sedikit mendatar , warna merah artinya kenari tersebut telah siap untuk ber reproduksi.  
sumber : berbagai sumber, kicaumania.or.id
Baca:   Cara menjaga warna kenari merah

Related Articles

Cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba

Kolibri aka burung-madu yang belum siap mental umumnya akan lebih banyak diam saat dilombakan. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke arena lomba, ada baiknya kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu. Berikut cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba. Baca:   Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird
Read more

Penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya

Bulu rontok biasanya terjadi di masa mabung. Namun jika hal ini terjadi di luar masa mabung, tentu itu artinya ada sesuatu yang bermasalah dengan burung tersebut. Pada burung lovebird, kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal mulai dari faktor lingkungan hingga rawatan. Berikut penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya. Baca:   Empat faktor […]
Read more
lovebird konslet

Tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini. Baca:   Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by