Ciri ciri Kacer Poci jantan dan betina

Kacer (Copsychus Saularis) merupakan salah satu burung fighter dengan kicauan yang sangat merdu seperti murai batu. Baik kacer poci maupun kacer hitam, rata-rata memiliki kemampuan untuk menirukan kicauan burung lainnya. 
Oleh karenanya kacer poci dan kacer hitam sangat digemari di kalangan kicau mania Indonesia. Selain bagus untuk sekedar hobi, kacer dapat pula dipelihara untuk tujuan lomba, khususnya kacer putih atau dada putih. Sementara untuk kacer hitam, lebih sering kita jumpai sebagai burung kelangenan meski tidak jarang ada pemain yang membawanya ke arena lomba. 

Namun demikian, secara umum kacer hitam lebih memiliki nilai jual dibanding dengan kacer putih. Alhasil, banyak penangkar lebih memilih indukan kacer hitam dibanding dengan kacer poci.
Untuk mengetahui ciri kacer poci jantan, terutama jika burung tersebut sudah menginjak usia dewasa, sebenarnya tidak terlalu sulit. Warna dari keduanya sungguh sangat mencolok. Untuk lebih jelasnya, baca perbedaan / ciri kacer poci jantan dan kacer poci betina di bawah.
images?q=tbn:ANd9GcRf0VHoOmKXtKMEfgMXVOFs10NOZRmYqiTe4H CrbRRUIcBgXC475NhytYimages?q=tbn:ANd9GcRNppCCb5lGWBmWpwuz0i OjYbl1F pHbhJlCnF YCgyFVA6qRqrQp41vzk

  • Kacer putih jantan memiliki warna bulu hitam yang mengkilap, sementara warna bulu kacer putih betina cenderung kusam dan agak keabu-abuan.
  • Pada bagian dada, kacer poci jantan memiliki warna hitam yang mengkilap, sementara si betina berwarna abu-abu.
  • Kicauan kacer poci jantan cukup variatif dan lebih gacor, sebaliknya kacer poci betina memiliki kicauan yang monoton seperti cucak jenggot walau tidak semua betina bertipe demikian.
  • Ukuran bodi kacer dada putih jantan biasanya lebih besar, sementara si betina lebih kecil. (namun ini tidak mutlak)
  • Pada saat masih trotol, bagian dada kacer poci jantan di dominasi oleh trotol hitam dan kombinasi dengan warna putih kekuningan, sementara betina kombinasi trotol dengan warna putih keabu-abuan.
Baca:   Tips menjinakan burung kacer

Related Articles

Cica kopi melayu, burung kicauan alternatif bersuara merdu

Cica Kopi Melayu (Pomortohinus montanus) adalah burung asli dari Indonesia. Burung yang berpenampilan cantik dengan alis putih mencolok dan paruhnya yang panjang melengkung adalah burung yang cukup popular di kalangan penggemar burung di Indonesia. Suara kicauannya mirip-mirip dengan burung poksay, dan cenderung monoton. Meski begitu burung cucak kopi bisa menjadi alternatif burung kicauan di rumah, […]
Read more

Berburu unggas-unggas unik di Pasar Burung Depok, Solo

Pasar Burung Depok yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah kini telah berhias diri, pasar burung ini telah menjelma menjadi kawasan jual beli hewan-hewan peliharaan yang terbesar di Jawa Tengah. Pasar yang menjadi Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok ini pun tak hanya menjadi tujuan pecinta burung dan ikan, namun juga menjadi tempat berburu bagi […]
Read more

Milet Volume

Milet Volume ***** Rp 30.000,-  Manfaat Milet volume + ini yaitu: Meningkatkan volume pada lovebird Meningkatkan durasi ngekek pada lovebird Membuat lovebird ngotot dan bertenaga Membuat lovebird gacor dan rajin bunyi Membuat lovebird vit dan aktiv Membentuk metabolisme lovebird   Cara Pakai: Berikan milet volume + setiap hari bisa digunakan untuk harian dan lomba. Milet […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?