Ternak merpati peluang usaha yang menjanjikan

Burung Merpati termasuk burung yang mudah jinak dan akrab dengan manusia, kepintarannya dalam mencari jalan pulang menjadikan merpati kerap dijadikan sebagai burung balapan.. Burung ini memang termasuk jenis burung yang pintar mengingat, oleh karena itulah dari abad pertengahan hingga perang dunia burung ini dijadikan sebagai burung yang membawa pesan tertulis ( Burung Pos) tak jarang isi pesannya pun sangat penting dan termasuk kedalam sejarah besar dunia.

Beternak burung merpati untuk jenis-jenis tertentu sangatlah mudah dan tidak begitu merepotkan, selain itu siklus yang relatif pendek yaitu dalam waktu 35 hari sepasang merpati sudah menghasilkan keturunan, dan ini berarti dalam waktu satu tahun burung merpati mampu menghasilkan keturunannya 10 kali dengan anakan 2 ekor.

Diantara kelebihan merpati dibandingkan dengan binatang lain adalah kemampuan mengenali medan, tidak banyak menuntut persyaratan khusus untuk kelangsungan hidupnya, makanan dan perawatannya cukup mudah, gampang dikembangbiakkan, termasuk ternak yang mudah untuk dijinakkan, dan juga keragaman jenisnya.

Bagi kita yang sudah familiar dengan penghoby kuliner, tentu akan ingat lesehan-lesehan atau warung makan di pinggir jalan yang menyajikan menu sari laut atau lainnya. Salah satu menu yang ditawarkan adalah merpati goreng. Kalau yang dipotong piyek (squab) tentu tak jadi masalah, akan tetapi kalau yang dipotong merpati tua dan afkir tentu menjadi masalah. Permintaan yang terus mengalir adalah sebuah peluang yang belum banyak di baca orang.
Sungguh sangat sayang kalau peluang ini terlewatkan begitu saja hanya karena pasokan yang belum mencukupi. Merpati potong tetap menjanjikan peluang dan keuntungan walaupun penjualannya masih di tempat-tempat tertentu karena harganya yang masih tinggi. Tapi perlu diingat, peluang baru dengan sedikit ‘pemain’ yang menekuni, kemungkinan peluang berhasil sangat tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis merpati yang digolongkan berdasarkan tujuan pemeliharaannya :

Baca:   Tips sukses ternak lovebird

1.Merpati balap
Banyak diminati orang karena daya terbangnya kuat. Ciri-cirinya antara lain : sosok tubuh yang gagah tetapi terlihat ramping, bulu tipis dan kaku, kulit pada tonjolan hidungnya tebal dan besar. Merpati pacuan memiliki kemampuan terbang sejauh 200 km, tetapi kemampuan merpati jelajah modern bias mencapai 1.500 km. Merpati yang termasuk jenis ini antara lain : Belgian homer, tumbler, flying tipper, flight, merpati pos dan yang popular di Indonesia adalah merpati local yang dilatih untuk dijadikan merpati pacuan.

2.Merpati Hias
Lahir karena nilai rekreatif dan kesenangan. Merpati hanya dipandang dari sudut keindahan warna bulu dan bentuk tubuh. Merpati yang termasuk jenis ini antara lain : Jacobin (lebih terkenal dengan sebutan merpati jambul), Satinette (paruh pendek), English Pouter (jangkung), Frillback, dan Florentine. Merpati hias yang popular di Indonesia adalah merpati kipas (Fantail).

Baca:   Seputar Gelatik silver

3.Merpati Konsumsi
Dikenal juga dengan sebutan merpati potong atau pedaging. Sebenarnya semua jenis merpati bias dijadikan merpati potong. Merpati yang termasuk jenis ini adalah Carneau dan Mondaine. Jenis merpati potong yang popular di Indonesia adalah Hummer King. Anakan Hummer King umur satu bulan bisa mencapai bobot 6-7 ons dan siap jual.

Related Articles

Seputar penangkaran burung kacer

  Kacer ( Haur : sunda ) adalah burung yang memiliki temperamen tinggi terhadap burung apa saja yang memasuki wilayahnya/teritorialnya. Karena itulah banyak juga penggembar burung kicauan yang memeliharanya selain untuk dilombakan karena sifatnya yang fighter juga untuk sekedar didengar alunan kicauannya yang mengalun. Perawatan kacer pada dasarnya sama dengan burung burung pemakan serangga lainnya […]
Read more

Tips sukses ternak lovebird

Ternak lovebird yang dilakukan dengan penuh kesungguhan dapat memberi keuntungan bagi peternak yang mengelolanya. Selain untuk menambah koleksi burung piaraan, hasil ternakannya itu pun bisa dijual ke pasaran. Simak tips sukses ternak lovebird berikut ini. Baca:   Ciri-ciri lovebird tidak jodoh dan cara mengatasinya
Read more

Mari merawat dan menangkar burung emprit peking

Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar nama burung emprit, pasti bayangan anda langsung tertuju pada burung mungil yang sering diberi pewarna lalu dijual pada anak-anak kecil. Burung emprit atau pipit merupakan jenis burung finch (Estrildidae) dari genus Lonchura yang kerap dianggap sebagai burung hama lantaran habitat mereka yang tidak jauh dari lahan pertanian.  […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by