Tips membuat ciblek mau makan voer

Memelihara Burung kecil seperti Ciblek atau Perenjak kini menjadi trend baru di dunia perburungan, hampir semua kicaumania memelihara burung tersebut . Bagaimana jika kita mendapatkan burung – burung tersebut dalam keadaan belum makan voer ? . ok! kita bahas tuntas disini : 
Hal yang perlu anda ketahui mengenai burung Ciblek/Perenjak adalah : 
Burung Ciblek dan Perenjak adalah burung yang senang menjemur diri di sinar matahari , jadi pastikan tempat mengantang burung ciblek anda terkena sinar matahari setiap harinya minimal 2-3 jam . baru setelah itu gantang burung ditempat yang sejuk. 
Burung Ciblek adalah burung petarung, jangan biasakan menggantang 2 ekor atau lebih burung ini saling berhadapan atau berdekatan ! , gantang burung secara berjauhan dan bila perlu diselang – seling dengan kandang burung lainnya. dan sebagai saran jika anda memiliki burung pentet/ Toed sebaiknya jauhkan dari ciblek anda, karena kita semua tahu ciblek adalah makanan burung pentet di alamnya .

Tip membuat ciblek makan voer
  1. hari pertama siapkan kroto basah dan masukan full kroto ke dalam tempat makanannya ( tanpa pur ) hal ini biar ciblek terbiasa dengan tempat makanan dan minuman yang anda sediakan dikandangnya. 
  2. hari kedua masukan pur kedalam tempat makanannya lalu ditaruh diatasnya kroto basah, tapi jangan diaduk dulu, biar burung ciblek yang mengaduk-aduknya apabila kroto diatasnya sudah mulai habis.
  3. hari ketiga masukan campuran voer dan kroto ke tempat makanannya lalu ditaruh diatasnya kroto basah. 
  4. hari keempat campurkan pur dan kroto basah ketempat makanannya lalu campur sedikit dengan air bersih, lalu diaduk. (airnya sedikit aja maksudnya agar pur dan kroto menyatu ).
  5. hari kelima masih seperti sebelumnya tapi kali ini jumlah kroto dikurangi. 
  6. hari keenam masukan pur murni kedalam tempat makanannya ( tanpa kroto ), dan sediakan cepuk untuk tempat kroto ( dipisah untuk krotonya ). 

hari ketujuh amati kotorannya apakah sudah membentuk atau masih bercampur dengan air ( warna putih ), jika seudah membentuk dengan kata lain tidak berupa cairan lagi berarti ciblek anda sudah mau makan pur murni. 

Baca:   Mudah dan murah berantas nyamuk


OK!, selamat mencoba, tapi tetap diingat biarpun ciblek anda sudah mau makan pur anda harus tetap memberinya Kroto dan jangkrik kecil agar staminanya terjaga .


    Related Articles

    gabah untuk lovebird

    Manfaat gabah untuk dongkrak produktivitas ternak lovebird

    Gabah adalah bulir padi yang telah dipisahkan dari tangkainya. Secara umum, gabah adalah bentuk padi sebelum diolah menjadi beras yang menjadi makanan pokok umat manusia. Di kalangan peternak lovebird, gabah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak produktivitas penangkaran. Mau tahu caranya? More from my siteTips agar lovebird mau makan jagungPakan dan vitamin agar lovebird cepat […]
    Read more

    Cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji

    Ngeruji adalah perilaku ketika lovebird tidak mau diam di tenggeran pada waktu bertemu lawan mainnya di sebuah ajang lomba atau latihan. Umumnya hal ini dipicu oleh kondisi burung yang sedang over birahi, tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Berikut cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji. More from my siteCara setting lovebird lomba malamPenyebab lovebird […]
    Read more
    atasi lovebird bunyi sambil buka sayap

    Mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap

    Lovebird yang sering bersuara ngekek sambil membuka sayapnya dikenal dengan istilah ngepak atau ngablak. Jika kondisi ini terjadi pada burung yang sedang dilombakan, tentu akan menurunkan penampilannya di lapangan. Untuk itu, simak tips mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap berikut ini. More from my siteTips memaksimalkan penampilan lovebird di lapanganCara terapi mandi untuk menambah durasi […]
    Read more

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Shopping Cart Items

    Empty cart

    No products in the cart.

    Return to Shop
    Search for:
    Chat
    Klik untuk chats
    Hai,
    Ada yang bisa kami bantu?